Implementasi Scoreboard Digital untuk Pertandingan Bulutangkis pada Gedung Olahraga Fasilkom Unsri Berbasis Teknologi Wireless
Keywords:
Bulutangkis, Papan Skor Digital, WireslessAbstract
Implementasi Scoreboard pada lapangan bulutangkis sangat penting bagi para pemain maupun penonton didalam suatu pertandingan. Scoreboard memiliki peran penting dalam memberikan informasi angka yang diperoleh untuk menentukan yang menang dan kalah. Fasilkom Unsri memiliki gedung olahraga baru dengan fasilitas lapangan bulutangkis berstandar internasional. Namun perhitungan skor-nya masih menggunakan metode manual. Tujuan pengabdian ini dilakukan adalah untuk mewujudkan lapangan bulutangkis Fasilkom memiliki sistem perhitungan skor menggunakan Scoreboard digital berbasis wireless. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan langsung kepada para penggiat olahraga bulutangkis dalam menggunakan Scoreboard digital. Sistem Scoreboard digital ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu Scoreboard digital berbasis wireless sebagai informasi skor perolehan dan aplikasi skor yang diaplikasikan oleh wasit menggunakan smartphone. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Scoreboard digital ini berhasil diimplementasikan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap permainan bulutangkis di gedung olahraga fasilkom. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pengguna lapangan bulutangkis di gedung fasilkom, sehingga dibutuhkan pembagian waktu penggunaan bagi yang ingin bermain bulutangkis.
References
Eka, G., Noertjahyana, A., & Lim, R. (2022). Pencatatan Skor Pertandingan Bulutangkis Menggunakan Arduino yang Dapat Dipantau via Aplikasi.
Furkan, Rusdin, & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 424–430.
Marolt, M., Pucihar, A., Lenart, G., & Vidmar, D. (2019). Digital transformation scoreboard – Case of Slovenia and Croatia. In 2019 42nd International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO) (pp. 1380–1385). Croatian Society MIPRO.
More, D., & Jahagirdar, V. . (2018). A Survey on Electronic multipurpose scoreboard. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 5(7), 2423–2425.
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.
Patappa, A. A., Hamdy, M. A., & Mustafa, S. (2019). Efisiensi Pemanfaatan Lahan Sebagai Ruang Terbuka Hijau pada Redesain Kantor Pusat PDAM Kota Makassar. Arsitektur Sulapa (JAS), 1(1), 1–10.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 1(1), 17–25.
Sungkar, M. S., & Albab, U. (2019). Pembuatan Aplikasi Android Score Board Led Matrix P10 Berbasis Arduino STM32 Kendali Android. Jurnal Power Elektronik, 8(1), 5–9.
Susanto, N. (2020). Pengaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga Di Indonesia. STAMINA, 3(3), 145–153.
Triyanto, V., Mulyadi, A., & Nalandari, R. (2021). Teknologi Arduino dan Modul HC-05 Pada Pengaturan Scoreboard Olahraga. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (pp. 22–26).
Widiastuti, N. M. A. (2017). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Dengan Teknik Role-Play Dan Learning By Doing Bagi Staf Penginapan / Hotel Di Nusa Lembongan. Buletin Udayana Mengabdi, 16(3), 399–404.