Peningkatan Layanan Publik Di Wilayah Indramayu Dengan Pengembangan Desa Digital Melalui Pelatihan E-Commerce

Authors

  • Erly Krisnanik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Adrezo Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Noor Falih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yuni Widiastiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tjahjanto Tjahjanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yosef Adityanto Aji Prodi senitari institut seni indonesia

Abstract

Di Era globalisasi dan industri 4.0 telah menuntut pemerintahan daerah dapat memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat untuk kebutuhan layanan kependudukan, layanan kesehatan, layanan UMKM dan lainnya.  terutama masyarakat desa. Pemerintahan kabupaten Indramayu telah merancang program untuk peningkatan layanan tersebut, salah satunya adalah melalui kegiatan UMKM  yang digalakkan melalui pemerintahan desa. salah satu desa yang menjadi konsentrasi kabupaten Indramayu adalah Pabean Udik yang memiliki potensi untuk menjadi desa cerdas melalui pengembangan desa digital. Menurut undang-undang RI Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM pada pasal 4 mengatakan bahwa pemberdayaan bagi UMKM sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemandirian, kebersamaan dan kewirausahaan. Sedangkan pada pasal 5 mengatakan bahwa menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Berdasarkan hal tersebut, pengabdi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Pabean Udik untuk memberikan pelatihan literasi digital tentang pengenalan e-commerce kepada UMKM. Adapun tujuan pelatihan tersebut adalah: 1) untuk membuka wawasan UMKM menggunakan TIK sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan untuk memasarkan produk mereka secara on-line, 2) untuk membantu UMKM meninhkatkan penjualan mereka melalui aplikasi e-commerce, 3) dan untuk meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan ekonomi UMKM. Metode yang digunakan oleh pengabdi agar tercapainya tujuan tersebut adalah : 1) memberikan pelatihan dengan pendekatan learning by doing untuk penggunaan TIK melalui platform yang sudah ada secara gratis yaitu tokopedia, 2) meberikan pendampingan kepada UMKM untuk praktik membuat lapak di tokopedia melalui smartphone yang mereka miliki sehingga mudah untuk di kelola, 3) memberikan tes kepada peserta UMKM untuk melihat seberapa paham mereka dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui kasus yang diberikan. Hasil yang diharapkan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah para UMKM di desa Pabean Udik yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan dapat memanfaatkan salah satu aplikasi ecommerce melalui smartphone mereka untuk lapak yang ada di tokopedia

Author Biographies

Erly Krisnanik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer

Muhammad Adrezo, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer

Noor Falih, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer

Yuni Widiastiwi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer

Tjahjanto Tjahjanto, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer

References

Fahrurrozi, M., Soekiman, J. F. X., Philipus Kurniawan Gheta, A., Sudaryana, Y., & Husain, T. (2020). Business to Business ecommerce and role of Knowledge Management. Business to Business ecommerce and role of Knowledge Management, 82.

Huang, G. Q., de Koster, R., & Yu, Y. (2020). Online-to-offline ecommerce operations management (EOM). Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 138, 101920..

Heinemann, G. (2020). B2B eCommerce (Vol. 31). Grundlagen, Geschäftsmodelle und Best Practices im Business-to-Business Online-Handel, Wiesbaden, Springer Gabler.

Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51-62.

Kotler, Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi ke ketiga belas, Penerbit Airlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan AB Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Muslichah Erma Widiana1, Henky Supit2, Sri Hartini2, 2012, Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur,Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14,No.1, Maret 2012:72-82

Setyabudhi, A. L., & Alfika, N. (2021). Rancang Bangun Sistem Ecommerce Berbasis Web Dengan Model Business to Consumer Pada Olshop Princess Na. Engineering and Technology International Journal, 3(01), 15-25

Published

2023-01-04