Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melalui Pelatihan Decoupage dan Literasi Digital

Authors

  • Ati Zaidiah UPN Veteran Jakarta
  • Henki Bayu Seta UPn Veteran Jakarta
  • Theresiawati Theresiawati UPN Veteran Jakarta

Abstract

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki  pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Salah satu upaya Kabupaten Indramayu dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan wanita dibentuklah Kelompok Wanita Tani (KWT). Tujuan terbentuknya KWT ini adalah untuk mengefisiensikan lahan semaksimal mungkin sehingga dengan lahan yang lebih kecil dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian yang sama dengan lahan yang luas.  Kelompok Wanita Tani Indramayu memiliki KWT Pertanian dan olahan pertanian, peternakan, dan perikanan.  Dimana permasalahan yang terjadi pada KWT ini adalah sulitnya melakukan promosi penjualan hasil pertanian dan olahannya. Promosi penjualan hasil pertanian dan olahan pertanian saat ini dilakukan secara langsung dengan berinteraksi dengan konsumen dan penjualan hanya di sekitar kawasan Kabupaten Indramayu . Jumlah pesaing yang semakin meningkat dengan banyaknya inovasi dan penawaran promo yang menarik akan menyebabkan pihak KWT sulit menjaga performansi dan kinerja dengan tingkat profitabilitasnya. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan keterampilan dan kemampuan Kelompok Wanita Tani Kecamatan Indramayu melalui pelatihan menghias tas dengan decoupage dan sosialisasi penggunaan marketplace untuk promosi dan penjualan. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode learning by doing sehingga peserta dapat langsung mempraktekan apa yang dipelajari. Melalului pelatihan ini dharapkan dapat menambah keterampilan KWT dalam menghias tas menggunakan decoupage dan dapat menggunakan marketplace dalam memasarkan produk pertanian yang dihasilkan.

 

Kata kunci: KWT, Indramayu, pelatihan, marketplace

References

Angga, K.P et al., 2017. Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi,2 (5), pp.1-5.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/36/20

Hardiana I. (2016) 55 Kreasi Decoupage Dalam Berbagai Media.. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

https://seller.tokopedia.com/edu/cara-buka-toko/

Published

2023-01-04