PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA KEPENDUDUKAN DESA GELEBAK DALAM KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Sutarno Sutarno Universitas Sriwijaya
  • Kemahyanto Exaudi Universitas Sriwijaya
  • Rossi Passarella Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Rifai Universitas Sriwijaya
  • Huda Ubaya Universitas Sriwijaya
  • Dedy Kurniawan Universitas Sriwijaya
  • Rahmad Fadli Isnanto Universitas Sriwijaya
  • Purwita Sari Universitas Sriwijaya

Abstract

Desa Gelebak Dalam memiliki luas wilayah 17.779 Ha dengan jumlah penduduk ± 2.100 jiwa dari 552 kepala keluarga. Pekerjaan utama masyarakat desa adalah bertani sawah. Selain itu budidaya ikan sungai dan perkebunan seperti jagung dan buah naga juga dilakukan oleh masyarakat setempat. Informasi ini diperoleh berdasarkan penjelasan perangkat desa tanpa bukti tertulis. Hal ini menyebabkan perangkat desa sulit untuk memetakan potensi sumber daya yang ada dan berakibat pada kurang tepatnya bantuan, penyuluhan dan pendampingan yang diberikan pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan potensi desa. Tujuan pengabdian ini adalah menerapkan sistem e-government pedesaan yang dapat membantu perangkat desa dalam mengelola informasi yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, surat-menyurat, data sumber daya dan potensi desa, serta pelaporan informasi yang dapat membantu pemerintah mengambil keputusan dalam perencanaan pengembangan desa. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode FAST yaitu survei dan diskusi di desa, analisa permasalahan dan kebutuhan desa, menentukan model bisnis sistem, analisa kebutuhan sistem, serta pengembangan dan implementasi sistem. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat desa dapat dengan mudah dan cepat memproleh informasi secara transparansi. Potensi desa dapat ditingkatkan dengan penyuluhan yang tepat sasaran melalui rekomendasi data sistem. Perangkat desa dapat mengelola dan menemukan data kependudukan dengan mudah melalui sistem database yang terpusat.

References

Shamuray, M. M. A., Fathimatuzzahro, I., Mauludin, A. R. & Yaqin, A. M., 2022. Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak Pembiayaan Proyek Menggunakan Metode FAST. Ilkomnika : Journal of Computer Science and Applied Informatics, 4(2).

Anonim, 2001. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 Tentang Pengembangan Dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, Jakarta: JDIH Nasional.

Choiriyah, Noviani, D. & Sari, E., 2022. Sosialisasi Perekonomian terhadap Pendidikan ditengah Pandemi Covid-19 di Masjid Nuruddin Desa Gelebak dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Palembang. Aksi Kepada Masyarakat Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(2).

Jasmial, R. & Afriyatna, S., 2020. Analisis Perbandingan Pendapatan antara Petani Padi Sawah Lebak yang Menggunakan dan yang Tidak Menggunakan Alsintan Di Desasungai Dua Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. SOCIETA, 9(2).

Kemendagri, 2013. Buku Induk Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan Per Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan Seluruh Indonesia. s.l.:s.n.

Nugraha, U., Iriani, Y. & Margana, R. . R., 2022. Analisis Dampak Implementasi Sistem Informasi Desa (Sid) Terhadap Tata Kelola Pemerintahan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(2).

Rahma, F., 2019. https://palembang.tribunnews.com. [Online]

Available at: https://palembang.tribunnews.com/2019/11/15/cerita-desa-gelabak-dalam-di-kabupaten-banyuasin-lokasi-dimakamkannya-almarhum-ustaz-taufik-hasnuri

[Accessed 24 10 2022].

Raihan, A. H., 2017. Efektivitas Kebijakan Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Desa Dan Kelurahan (Si-Daleh) Di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara. eJournal Ilmu Pemerintahan, 5(3).

saymote, P. A., 2018. Develop a Village Information System (VIS) Application Using Visual Basic (VB) Programming. International Journal of Computer Applications in Technology, 5(3), pp. 916-922.

Sekartaji, D. A., 2011. The role of local e-government in bureaucratic reform in terong, Bantul District, Yogyakarta Province, Indonesia. Internetworking Indonesia Journal, 3(2).

Published

2023-01-04