Peningkatan Kapasitas Kinerja Tenaga Kependidikan Menggunakan Spreadsheets dan Word

Authors

  • Nurhafifah Matondang UPN Veteran Jakarta
  • Catur Nugrahaeni Puspita Dewi
  • bayu hananto

Abstract

Penilaian kinerja tenaga kependidikan adalah penilaian terhadap kinerja tenaga kependidikan yang dilakukan setiap semester melalui evaluasi oleh pimpinan fakultas terhadap rekan kerjanya. Permasalahan yang terjadi beberapa hasil kinerja tendik dalam membuat laporan dan mengolah data pada office dinilai lama oleh pimpinan sehingga dibutuhkan penambahan skill cepat menguasai fitur-fitur yang ada pada word dan spreadsheet dan melatih rasa percaya diri tendik sehingga tidak terlalu takut salah dalam menyelesaikan pekerjaan. Solusi yang ditawarkan dengan memberikan pelatihan berupa contoh kasus selama dua hari.  Metode yang dilakukan mulai dari persiapan materi, pelatihan dan pendampingan, pre test dan postes serta diskusi tanya jawab. Hasil yang diperoleh setelah tendik melakukan pelatihan word dan excel, kemampuan penggunaan fitur semakin bertambah dan tingkat percaya diri dalam menyelesaikan laporan menjadi lebih cepat.

References

Pandu Agung Dwi Kuncoro, & Achmad Fauzi. (2022). Pelatihan Aplikasi Komputer Dasar Untuk Meningkatkan Kualitas Sdm Pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian Dan Statistik Kabupaten Teluk Bintuni. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 553-563.

Husniati, H. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Tenaga Kependidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 16(1), 70-86.

Abdillah, L.A. (2012). PDF article metadata harvester, Jurnal Komputer dan Informatika, 10, 1–7. Anonimus, (2012), Renewable Energy, www.guardian.co.uk, diakses: 28 Juni 2012.

Blau, P.J., (2009), Friction Science and Technology: From Concepts to Applications, (2nd ed.).

New York: CRC Press.

Published

2023-01-04