Pelatihan Visualisasi Data Desa dengan Google Data Studio Pada Desa Rawapanjang Kabupaten Bogor

Authors

  • Mohamad Bayu Wibisono Universitas Pembangunan Nasional Veteran jakarta
  • Rio Wirawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Jayanta . Universitas Pembangunan Nasional Veteran jakarta
  • Dina Maulina Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta

Abstract

Pola perubahan perilaku sosial, budaya dan ekonomi ibu kota negara yaitu DKI Jakarta selalu berdampak dan diikuti oleh perkembangan daerah sekitar ibu kota. Daerah sekitar ibu kota Jakarta bukan hanya wilayah perkotaan, melainkan ada beberapa wilayah yang masih masuk dalam wilayah pedesaan, salah satunya adalah desa rawa panjang. Desa rawa panjang sebagai salah satu desa di wilayah kabupaten Bogor yang berbatasan langsung dengan Kota Depok, menjadi salah satu desa yang berdekatan dengan wilayah DKI memiliki mobilitas dan dinamika penduduk baik secara ekonomi dan budaya sangat terpengaruh dengan ekonomi dan budaya masyarakat Jakarta. Untuk keperluan pembangunan dan dinamisasi penataan desa, perlu diketahui berbagai sumberdaya yang ada maupun yang dibutuhkan bagi perkembangan dan mobilitas pembangunan desa. Sebuah gambaran data yang up to date sangat diperlukan kekhususnya untuk bagian perencanaan sehingga dapat membuat perencanaan yang lebih baik dan matang dengan ketersediaan data yang up to date. Hal inilah yang menjadi kendala selama ini, karenba ketersediaan data biasanya masih digambarkan dalam bentuk gambar visual data di atasa kertas yang pembaharuannya tidak dapat dilakasanakan dengan cepat. Visualisasi data yang up to date sangat diperlukan guna memperlihatkan data dalam bentuk yang cepat sekaligus tepat dan dinamis dari kumpulan data yang ada. Dengan visualisasi data dinamis, diharapkan dapat memberikan pula keputusan yang lebih tepat dan cepat seiring dengan perkembangan dinamisasi masyarakat desa rawa panjang. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan tentang pentingnya pembuatan visualisasi data dinamis dari data yang telah ada menggunakan google data studio.

References

Harahap, F. R. (2013). Dampak urbanisasi bagi perkembangan kota di Indonesia. Society, 1(1), 35-45.

Ananda, C. F. (2018). Pembangunan ekonomi daerah: dinamika dan strategi pembangunan. Universitas Brawijaya Press.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran Radec Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 250-258).

Tolle, H., Pinandito, A., Kharisma, A. P., & Dewi, R. K. (2017). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Universitas Brawijaya Press.

Saputri, T. A., Muharni, S., Perdana, A., & Sulistiyanto, S. (2021). Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Bagi Kepala Gudang UD Salim Abadi. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 2(2).

Published

2023-01-04