Pelatihan Canva dalam Peningkatan Kapasitas Pembuatan Materi Ajar Interaktif pada Guru di TK Islam Al Azkar

Authors

  • Catur Nugrahaeni Puspita Dewi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ridwan Raafiudin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Intan Hesti Indriana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ria Maria Theresa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v3i2.11966

Keywords:

desain materi ajar, pelatihan Canva, pelatihan guru sekolah

Abstract

Desain materi ajar yang menarik memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya untuk anak usia dini. Salah satu solusi praktis yang dapat digunakan guru adalah platform desain Canva, yang menyediakan berbagai fitur user-friendly untuk menciptakan materi pembelajaran visual yang menarik. Penelitian ini mengevaluasi hasil pelaksanaan pelatihan desain pembelajaran menggunakan Canva melalui data form evaluasi yang dikumpulkan dari peserta pelatihan guru TK Islam Al Azkar. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta menggunakan Canva secara mandiri. Mayoritas peserta memberikan respon positif dan menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Diharapkan pelatihan ini dapat berkelanjutan untuk terus meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran digital yang menarik dan efektif.

References

Clark, J. M., & Paivio, A. (1991). Dual coding theory and education. Educational Psychology Review, 3(3), 149–210. https://doi.org/10.1007/BF01320076.

Hananto, B., Dewi, C. N. P., & Raafiudin, R. (2017). Pelatihan Sistem Informasi Kependudukan dan Dasawisma Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Tingkat RT. Prosiding SNaPP: Sains, Teknologi, 7(2), 280-285.

Hananto B, Dewi CNP, Raafiudin R. 2018. Peningkatan Kemampuan Surat Menyurat di Bidang Kependudukan Berbasis IT. Di dalam: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume ke-1. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/viewFile/54/55.

Hapsari, I., & Purwanto, A. (2022). Pelatihan desain media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.32585/jpmp.v4i2.1258.

Raafi’udin* R, Rosmawarni N, Dewi CNP, Edyana F. 2024. Digital Empowerment:Improving Dasawisma’s Capabilities in Online Marketing and Sales Through the Marketplace. Din J Pengabdi Kpd Masy. 8(6):1804–1812. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i6.22099.

Raafi’udin R, Hananto B, Dewi CNP. 2020. Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Menambah Daya Saing Masyarakat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. SULUH J Abdimas. 2(1):70–77. https://doi.org/10.35814/suluh.v2i1.1570.

Sari, M., & Lestari, D. (2021). Peningkatan kompetensi guru dalam mendesain media ajar digital dengan Canva. Jurnal Abdimas Pendidikan, 3(1), 45–52. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/abdimas/article/view/321.

Solihin IP, Triwahyono B, Wibisono MB, Raafi’udin R, Wirawan R. 2023. Kegiatan Training of Trainers (ToT) Pengelolaan Desa Cerdas Digital Bagi Aparatur Pemerintah Desa Rawa Panjang Kabupaten Bogor. ABDIKOM J Ilmu Komput. 2(1):53–62.https://ejournal.upnvj.ac.id/abdikom/article/download/6743/2766.

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4.

Wibisono MB, Raafiudin R, Wirawan R, Solihin IP, Seta HB, Jayanta. 2024. Edukasi Konsep Desa Cerdas Kepada Masyarakat Dalam Rangka Pencanangan Rawapanjang Smart Village (RSV). J Pengabdi Kpd Masy Bid Ilmu Komput. 3(1):2964–3759. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/abdikom.

Williams, R. (2008). The non-designer’s design book (3rd ed.). Peachpit Press.

Yuliani, N., & Hartati, R. (2023). Penguatan literasi digital guru melalui pelatihan pembuatan media ajar visual menggunakan Canva. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian, 5(1), 11–19. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jihp/article/view/2875.

Downloads

Published

2025-07-28