PENGARUH PERBEDAAN SENAM RHYTHMIC AUDITORY STIMULATION (RAS) DAN HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING (HIIT) TERHADAP PENINGKATAN ENDURANCE PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

Penulis

  • Fauziyah Rofifatul Huda Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Siti Khotimah 1Program Studi Sarjana Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52019/ijpt.v5i1.10720

Abstrak

ABSTRAK  

Latar Belakang: Anak SD usia 10-12 tahun mengalami penurunan endurance seperti kurangnya aktivitas olahraga. Pada usia tersebut terjadi perubahan fisiologis (sistem metabolisme tubuh mulai menyesuaikan diri dergann kebutuhan energi yang lebih besar). Penurunan endurance dapat mempengaruhi kesehatan, kognitif dan konsentrasi saat belajar. Untuk meningkatkan endurance intervensi yang diberikan adalah Senam RAS dan HIIT. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh serta perbedaan senam RAS dan HIIT peningkatan endurance pada siswa SD. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan pre and post two group design. Sebanyak 30 sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing berjumlah 15 responden dengan intervensi Senam RAS dan Intensity Interval Training (HIIT). Latihan dilakukan selama 4 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu. Alat ukur yang digunakan Harvard Step Test. Uji normalitas menggunakan Saphiro-wilk test. Uji Homogenitas menggunakan lavene test, uji hipotesis I dan II menggunakan paired sample t-test, dan uji hipotesis III menggunakan Independent sampel t-test. Hasil: Hasil uji hipotesis I dan II menggunakan paired sample t-test didapatkan hasil p= 0,000 (p<0,05). Sedangkan uji hipotesis III menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai  p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh serta perbedaan senam RAS dan HIIT terhadap peningkatan endurance pada siswa SD.

 

Kata Kunci : Endurance, Senam Rhytmic Auditory Stimulation (RAS), High Intensity Interval Training (HIIT), Harvard Step Test, Siswa SD

 

 

ABSTRACT  

Background: Elementary school children aged 10-12 years experience a decrease in endurance such as lack of sports activity. At this age physiological changes occur (the body's metabolic system begins to adjust to greater energy needs). Decreased endurance can affect health, cognitive and concentration while learning. To increase endurance, the intervention given is RAS and HIIT. Objective: To determine the effect and difference of RAS and HIIT on increasing endurance in elementary school students. Methods: This study used quasi experimental method with pre and post two group design. A total of 30 samples were determined using purposive sampling technique. The sample was divided into 2 groups of 15 respondents each with the intervention of RAS and HIIT. Exercise is carried out for 4 weeks with a frequency of training 3 times a week. The measuring instrument used was the Harvard Step Test. Normality test using Saphiro-wilk test. Homogeneity test using lavene test, hypothesis test I and II using paired sample t-test, and hypothesis test III using Independent sample t-test. Results: The results of hypothesis tests I and II using paired sample t-test obtained p = 0.000 (p <0.05). While the third hypothesis test using independent sample t-test obtained a value of p = 0.000 (p <0.05). Conclusion: There is an effect and difference in RAS and HIIT on increasing endurance in elementary school students.

 

Keywords: Endurance; Senam Rhytmic Auditory Stimulation (RAS), High Intensity Interval Training (HIIT); Harvard Step Test; Elementary School Students

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-26