Analisis Semiotika Tentang Budaya Punk Fashion Pada Iklan Gudang Garam Surya Rise and Shine Versi Bangkit

Penulis

  • M. Dwiki Ferqutanto Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta
  • Aska Leonardi Universitas Sahid Jakarta
  • Supriadi Supriadi

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.5493

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi budaya punk fashion melalui jaket kulit Ramones pada iklan Gudang Garam Surya Rise and Shine versi bangkit. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan penyajian data secara deskriptif. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce, dan Ferdinand De Saussure. Hasil penelitian menunjukkan jaket kulit Ramones mampu merepresentasikan budaya punk fashion melalui iklan Gudang Garam Surya Rise and Shine versi bangkit. Meskipun jaket kulit Ramones sudah lama menjadi ikon punk, tetapi dengan hadirnya pada iklan semakin memperkuat terhadap fashion punk jaket kulit Ramones.

Biografi Penulis

Aska Leonardi, Universitas Sahid Jakarta

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta

Diterbitkan

2023-01-28

Terbitan

Bagian

ARTIKEL