Penyampaian Pesan Keretakan Rumah Tangga Melalui Penulisan Naskah Film (Studi Doel The Series Episode 8)

Authors

  • Triya Rindu Davina Universitas Bina Sarana Informatika
  • Syatir Syatir Universitas Bina Sarana Informatika
  • Veranus Sidharta Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Kata kunci: Penulisan Naskah, Penyampaian Pesan, Strategi Komunikasi

Abstract

Penyampaian pesan melalui film, terutama melalui penulisan naskah film, memiliki peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat tentang berbagai isu sosial. Film pada serial televisi memiliki kemampuan unik untuk menggambarkan realitas sosial dengan cara yang dapat diterima oleh berbagai lapisan masyarakat. Salah satu contoh yang relevan adalah Doel The Series khususnya Episode 8, yang menggambarkan keretakan rumah tangga melalui karakter dan narasi yang mendalam. Dalam konteks ini, penulisan naskah film berfungsi sebagai medium untuk mengeksplorasi, mengkomunikasikan, dan mendalami dinamika hubungan interpersonal dalam sebuah keluarga. Penulis naskah perlu menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk memastikan bahwa pesan diterima dan dipahami dengan baik oleh penonton. Penelitian ini memfokuskan pada analisis kualitatif tentang bagaimana pesan keretakan rumah tangga yang disampaikan melalui penulisan naskah film dalam "Doel The Series" Episode 8. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan naskah dalam "Doel The Series" Episode 8 berhasil menyampaikan pesan keretakan rumah tangga melalui strategi komunikasi dengan mempertahankan karakter. Penelitian ini juga menyoroti bahwa penggambaran keretakan rumah tangga dalam "Doel The Series" Episode 8 secara efektif dilakukan melalui pendekatan yang berfokus pada kesalahpahaman dalam komunikasi.

References

Abd Rashid, M. H., & Md Johar, E. (2022). The Perceived Effectiveness of Visual

Communication Elements in Cinema Video Advertisements: Demographic Factors

Analysis. Journal of Social Science and Humanities, 5(4), 10–23.

https://doi.org/10.26666/rmp.jssh.2022.4.2

Abdullah, A., Mahameruaji, J. N., Rosfiantika, E., Padjadjaran, U., Doel, S. I., & Sekolahan, A.

(2018). SINETRON INDONESIA PALING FENOMENAL (Tinjauan Ilmu Komunikasi

atas Sinetron Si Doel Anak Sekolahan). ProTVF, 2(September), 209–219.

Agus Mulia, Sutikno, R. K. (2021). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi

Menulis Terbimbing. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2),

https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037

Alfathoni, M. A. M., Syahputra, B., & Roy, J. (2021). Penulisan Naskah Dalam Pembuatan Film

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Pendek Fiksi “Haroroan.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif,

(1), 52–64. https://doi.org/10.22303/proporsi.7.1.2021.52-64

Aulia, W. (2022). Komunikasi Interaktif Dalam Dakwah Agam Dan Basyasman Di Aplikasi

Goplay. Eprints.Walisongo.Ac.Id.

https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21528/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint

/21528/1/1801026074_Weni Aulia_Lengkap Tugas Akhir - Weni Aulia.pdf

Bajari, A. (2022). Strategi Pesan dalam Perencanaan Komunikasi. Skom4314/Modul4,

February, 2–4.

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and

Mixed Methods Approaches. Research Design Fifth Edition.

Evita, G. (2020). Strategi Script Writter Dalam Penulisan Naskah Program Siaran Budaya

Melayu Di Radio Republik Indonesia Pro 4 95.9FM Pekanbaru. Skripsi, 3877, 81.

Huda, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Menggunakan

Strategi Lipirtup Dengan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1

Kandeman. Skripsi.

Jiang, C. (2023). Film and Television Communication in the New Media Era: Content

Innovation in the Age of Short Videos. Highlights in Art and Design, 4(3), 164–167.

https://doi.org/10.54097/qgxk5l1y

Lestari, P., & Sihombing, L. H. (2022). Learning Indonesian Culture through an Indonesian TV

Series Si Doel Anak Sekolahan. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 298.

https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.15029

Lindberg-Repo, K., & Grönroos, C. (2004). Conceptualising communications strategy from a

relational perspective. Industrial Marketing Management, 33(3), 229–239.

https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2003.10.012

Marvey Tallaut. (2019). Penulisan Naskah Dalam Pembuatan film Pendek Bergenre Drama

Tentang Mitos Dengan Judul Film Jentaka. Stikom Surabaya, 8(5), 55.

McCormack, C. M., K. Martin, J., & Williams, K. J. H. (2021). The full story: Understanding

how films affect environmental change through the lens of narrative persuasion. People

and Nature, 3(6), 1193–1204. https://doi.org/10.1002/pan3.10259

Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan

Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275.

https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60

Pannu, P., & Chopra, G. (2018). Themes and messages encoded in films: A case study. Indian

Journal of School Health & Wellbeing, 4(3), 3–8.

Prabavathi, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Effective oral and written communication.

Journal of Applied and Advanced Research, 3, S29–S32.

https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.164

Rini Fitria. (2017). Strategi Komunikasi Pada Masyarakat Multikultural. Syi’ar, 17(1), 21–28.

https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/viewFile/697/620

Setianingrum, F. N. (2023). Multimedia Berbasis Smart TV TerhadapMultimedia Berbasis

Smart TV Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi

Pendidikan, 11(02), 716–725.

Suroko, A. P., & Muktiyo, W. (2018). Film As A Communication Strategy In The Learning

Process Of Children Character Strengthening In The Digital Era. Proceeding of

International Conference On Child-Friendly Education, 122–127.

Veranus Sidharta, Djuara P. Lubis, Sarwititi Sarwoprasodjo, K. B. S. (2024). Sensemaking of

Stakeholder Identity Construction in Determining Potential Social Assistance Recipients.

Nyimak Journal of Communication.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v8i1.10608.

Wahidah, S. (2013). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1),

–100.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods Sixth Edition.

Published

2024-08-27