Penyampaian Pesan Keretakan Rumah Tangga Melalui Penulisan Naskah Film (Studi Doel The Series Episode 8)
Keywords:
Kata kunci: Penulisan Naskah, Penyampaian Pesan, Strategi KomunikasiAbstract
Penyampaian pesan melalui film, terutama melalui penulisan naskah film, memiliki peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat tentang berbagai isu sosial. Film pada serial televisi memiliki kemampuan unik untuk menggambarkan realitas sosial dengan cara yang dapat diterima oleh berbagai lapisan masyarakat. Salah satu contoh yang relevan adalah Doel The Series khususnya Episode 8, yang menggambarkan keretakan rumah tangga melalui karakter dan narasi yang mendalam. Dalam konteks ini, penulisan naskah film berfungsi sebagai medium untuk mengeksplorasi, mengkomunikasikan, dan mendalami dinamika hubungan interpersonal dalam sebuah keluarga. Penulis naskah perlu menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk memastikan bahwa pesan diterima dan dipahami dengan baik oleh penonton. Penelitian ini memfokuskan pada analisis kualitatif tentang bagaimana pesan keretakan rumah tangga yang disampaikan melalui penulisan naskah film dalam "Doel The Series" Episode 8. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan naskah dalam "Doel The Series" Episode 8 berhasil menyampaikan pesan keretakan rumah tangga melalui strategi komunikasi dengan mempertahankan karakter. Penelitian ini juga menyoroti bahwa penggambaran keretakan rumah tangga dalam "Doel The Series" Episode 8 secara efektif dilakukan melalui pendekatan yang berfokus pada kesalahpahaman dalam komunikasi.
References
Abd Rashid, M. H., & Md Johar, E. (2022). The Perceived Effectiveness of Visual
Communication Elements in Cinema Video Advertisements: Demographic Factors
Analysis. Journal of Social Science and Humanities, 5(4), 10–23.
https://doi.org/10.26666/rmp.jssh.2022.4.2
Abdullah, A., Mahameruaji, J. N., Rosfiantika, E., Padjadjaran, U., Doel, S. I., & Sekolahan, A.
(2018). SINETRON INDONESIA PALING FENOMENAL (Tinjauan Ilmu Komunikasi
atas Sinetron Si Doel Anak Sekolahan). ProTVF, 2(September), 209–219.
Agus Mulia, Sutikno, R. K. (2021). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi
Menulis Terbimbing. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2),
https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037
Alfathoni, M. A. M., Syahputra, B., & Roy, J. (2021). Penulisan Naskah Dalam Pembuatan Film
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Pendek Fiksi “Haroroan.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif,
(1), 52–64. https://doi.org/10.22303/proporsi.7.1.2021.52-64
Aulia, W. (2022). Komunikasi Interaktif Dalam Dakwah Agam Dan Basyasman Di Aplikasi
Goplay. Eprints.Walisongo.Ac.Id.
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21528/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint
/21528/1/1801026074_Weni Aulia_Lengkap Tugas Akhir - Weni Aulia.pdf
Bajari, A. (2022). Strategi Pesan dalam Perencanaan Komunikasi. Skom4314/Modul4,
February, 2–4.
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and
Mixed Methods Approaches. Research Design Fifth Edition.
Evita, G. (2020). Strategi Script Writter Dalam Penulisan Naskah Program Siaran Budaya
Melayu Di Radio Republik Indonesia Pro 4 95.9FM Pekanbaru. Skripsi, 3877, 81.
Huda, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Menggunakan
Strategi Lipirtup Dengan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1
Kandeman. Skripsi.
Jiang, C. (2023). Film and Television Communication in the New Media Era: Content
Innovation in the Age of Short Videos. Highlights in Art and Design, 4(3), 164–167.
https://doi.org/10.54097/qgxk5l1y
Lestari, P., & Sihombing, L. H. (2022). Learning Indonesian Culture through an Indonesian TV
Series Si Doel Anak Sekolahan. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 298.
https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.15029
Lindberg-Repo, K., & Grönroos, C. (2004). Conceptualising communications strategy from a
relational perspective. Industrial Marketing Management, 33(3), 229–239.
https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2003.10.012
Marvey Tallaut. (2019). Penulisan Naskah Dalam Pembuatan film Pendek Bergenre Drama
Tentang Mitos Dengan Judul Film Jentaka. Stikom Surabaya, 8(5), 55.
McCormack, C. M., K. Martin, J., & Williams, K. J. H. (2021). The full story: Understanding
how films affect environmental change through the lens of narrative persuasion. People
and Nature, 3(6), 1193–1204. https://doi.org/10.1002/pan3.10259
Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan
Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275.
https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60
Pannu, P., & Chopra, G. (2018). Themes and messages encoded in films: A case study. Indian
Journal of School Health & Wellbeing, 4(3), 3–8.
Prabavathi, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Effective oral and written communication.
Journal of Applied and Advanced Research, 3, S29–S32.
https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.164
Rini Fitria. (2017). Strategi Komunikasi Pada Masyarakat Multikultural. Syi’ar, 17(1), 21–28.
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/viewFile/697/620
Setianingrum, F. N. (2023). Multimedia Berbasis Smart TV TerhadapMultimedia Berbasis
Smart TV Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi
Pendidikan, 11(02), 716–725.
Suroko, A. P., & Muktiyo, W. (2018). Film As A Communication Strategy In The Learning
Process Of Children Character Strengthening In The Digital Era. Proceeding of
International Conference On Child-Friendly Education, 122–127.
Veranus Sidharta, Djuara P. Lubis, Sarwititi Sarwoprasodjo, K. B. S. (2024). Sensemaking of
Stakeholder Identity Construction in Determining Potential Social Assistance Recipients.
Nyimak Journal of Communication.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v8i1.10608.
Wahidah, S. (2013). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1),
–100.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods Sixth Edition.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Triya Rindu Davina, syatir, Veranus Sidharta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).