An Analisis Resepsi Followers TikTok Dalam Membangun Self Development Pasca Pandemi Covid 19

Authors

  • Mara Zalfa Rachman
  • Puri Bestari Universitas Pembangunan Nasional Jakarta
  • Maria Febiana Christanti

Keywords:

self development, analisis resepsi, cemas, TikTok

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan dan pemaknaan yang dibentuk khalayak terhadap tayangan video TikTok @ananzaprili berjudul “Cara Kendalikan Cemas” dalam membangun self development pada pasca pandemi Covid 19. Hal ini berkenaan dengan meningkatnya gangguan psikologis yang dialami masyarakata pada pasca pandemi berupa kecemasan, depresi, dan trauma psikologis. Maka, untuk mengetahui resepsi khalayak peneliti menggunakan Teori Analisi Resepsi model encoding-decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada lima informan yang telah ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Merujuk pada ketegori posisi yang digagas oleh Stuart Hall, pada penelitian in ditemukan 3 (tiga) informan pada Posisi Hegemonik Dominan dan 2 (dua) informan pada Posisi Negosiasi. Perbedaan pemaknaan yang diterima oleh informan dilatar belakangi oleh pengalaman, tipe kepribadian antara introvert dengan extrovert, profesi yang ditekuni, dan sensitivitas informan terhadap perasaan insecure serta overthinking.

Author Biography

Puri Bestari, Universitas Pembangunan Nasional Jakarta

Dosen Tetap Ilmu Komunikasi FISIP UPNJV

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Duta.Com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 43–54.

Creswell, J. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (S. Z. Qudsy, Ed.). Yogyakarat: Pustaka Pelajar.

Hall, S., Hobson, D., Lowe, A., & Wilis, P. (2011). Budaya Media Bahasa. Yogyakarta: Jalasutra.

Ida, R. (2016). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: KENCANA.

Mahanum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal Of Education, 1(2), 1–12.

Manojkuamar, A., & Prasanth. (2022). A Study on Self-Development Practices during Covid-19. East Asian Journal of Multidisciplinary Research (EAJMR), 1(8), 1563–1572.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (Edisi 6 buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.

Nisa, K., & Mirawati. (2022). Kepribadian Introvert Pada Remaja. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), 606–613.

Nugroho, C. (2020). CYBER SOCIETY: Teknologi, Media Baru dan Disrupsi Informasi. Jakarta: KANTARA (Prenamedia Group).

PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). (t.t.). Diambil 10 November 2022, dari http://pdskji.org/home

Santoso, S. (2020). ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP BERITA KASUS MEILIANA DI MEDIA ONLINE. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(2), 141–154.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.

Downloads

Published

2023-11-21