Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Chika Marsanda
  • Siti Maryam

Keywords:

Instagram, penggunaan media sosial, pemenuhan kebutuhan informasi

Abstract

 

Instagram adalah salah satu bentuk media yang sangat disukai di Indonesia, dan Ditjen Dikti menjadikan akun Instagram @Magangmerdeka sebagai sumber informasi untuk memenuhi permintaan mahasiswa akan informasi tentang MSIB, program dengan jumlah pendukung terbanyak tetapi sedikit informasi yang dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mahasiswa yang mengikuti akun Instagram @Magangmerdeka dalam memenuhi tuntutan informasi MSIB. Teori Uses and Gratification menjadi dasar penelitian ini. Metodologi kuantitatif penjelasan digunakan dalam penelitian ini. Pengguna Instagram yang mengikuti akun @Magangmerdeka menjadi populasi penelitian ini. Pengambilan sampel sebanyak 100 sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis uji statistik inferensial, termasuk korelasi, regresi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis, digunakan dalam penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa menggunakan media sosial secara signifikan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi, dan ada hubungan yang kuat antara variabel tersebut.

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

DIP FISIP UNAIR. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Adanya Kebutuhan Informasi. Faktor-Faktor Penyebab Adanya Kebutuhan Informasi. https://dip.fisip.unair.ac.id/id_ID/faktor-faktor-penyebab-adanya-kebutuhan-informasi/#:~:text=Setiap%20manusia%20membutuhkan%20informasi%20guna,dapat%20dikomsumsi%20oleh%20siapa%20saja.

Diskominfo Okukab. (2022). Kebutuhan Akses Informasi dari Internet Meningkat Dimasa Pandemi. Diskominfo. https://diskominfo.okukab.go.id/2022/02/25/kebutuhan-akses-informasi-dari-internet-meningkat-dimasa-pandemi/

Flew, T., & Smith, R. (2018). New media: an introduction.

Hussain, W. (2020). Role of Social Media in COVID-19 Pandemic. Business

Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial (2nd ed.). Penerbit Erlangga.

Instagram. (2023). Akun @Magangmerdeka.

https://www.instagram.com/magangmerdeka/

Isti’aanah, D. (2021). Instagram sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan

Informasi. https://kpi.iainkediri.ac.id/instagram-sebagai-sarana-pemenuhan-kebutuhan-informasi/

Kriyantono, R. (2019). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (1st ed.). KENCANA PRENADA MEDIA GRUP.

Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL HUDA WONODADI BILTAR TAHUN 2018/2019. http://repo.uinsatu.ac.id/12078/

Morissan. (2018). STATISTIK SOSIAL. PRENADAMEDIA GROUP.

Mustika, D., Djafar, R. H., & Putri, Y. R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VISITBOGOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA @VISITBOGOR’S INSTAGRAM UTILIZATION TO FULFILLMENT THE FOLLOWERS NEEDS OF INFORMATION. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/156830

Nurudin. (2017). ILMU KOMUNIKASI: Ilmiah dan Populer (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Octavia, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA PAI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA). http://eprints.ums.ac.id/85570/1/1.%20NASKAH%20PUBLIKASI%20Upload.pdf

Pradita, A. (2017). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Ssosial Snapchat Di Pekanbaru. Komunikasi, 4(2), 1–12.

Riyanto, A. D. (2022, February). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital

Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Rorong, M. J. (2016). Peran Komunikasi: Teori, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis.

Rusdi, F., & Helen. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3712

Salsabila, A. A. (2022). PENGARUH INTENSITAS FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @BROSISKERJA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI LOWONGAN KERJA FOLLOWERS LULUSAN ILMU KOMUNIKASI. http://repository.unpas.ac.id/60685/

Saputra, A. (2019). SURVEI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA KOTA PADANG MENGGUNAKAN TEORI USES AND GRATIFICATIONS. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Septiani, A. (2022). FENOMENA PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENGUNGKAPAN DIRI. https://repository.upnvj.ac.id/15935/

Published

2024-07-18