Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada Kalangan Mahasiswa
Keywords:
Instagram, penggunaan media sosial, pemenuhan kebutuhan informasiAbstract
Instagram adalah salah satu bentuk media yang sangat disukai di Indonesia, dan Ditjen Dikti menjadikan akun Instagram @Magangmerdeka sebagai sumber informasi untuk memenuhi permintaan mahasiswa akan informasi tentang MSIB, program dengan jumlah pendukung terbanyak tetapi sedikit informasi yang dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mahasiswa yang mengikuti akun Instagram @Magangmerdeka dalam memenuhi tuntutan informasi MSIB. Teori Uses and Gratification menjadi dasar penelitian ini. Metodologi kuantitatif penjelasan digunakan dalam penelitian ini. Pengguna Instagram yang mengikuti akun @Magangmerdeka menjadi populasi penelitian ini. Pengambilan sampel sebanyak 100 sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis uji statistik inferensial, termasuk korelasi, regresi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis, digunakan dalam penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa menggunakan media sosial secara signifikan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi, dan ada hubungan yang kuat antara variabel tersebut.
References
Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
DIP FISIP UNAIR. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Adanya Kebutuhan Informasi. Faktor-Faktor Penyebab Adanya Kebutuhan Informasi. https://dip.fisip.unair.ac.id/id_ID/faktor-faktor-penyebab-adanya-kebutuhan-informasi/#:~:text=Setiap%20manusia%20membutuhkan%20informasi%20guna,dapat%20dikomsumsi%20oleh%20siapa%20saja.
Diskominfo Okukab. (2022). Kebutuhan Akses Informasi dari Internet Meningkat Dimasa Pandemi. Diskominfo. https://diskominfo.okukab.go.id/2022/02/25/kebutuhan-akses-informasi-dari-internet-meningkat-dimasa-pandemi/
Flew, T., & Smith, R. (2018). New media: an introduction.
Hussain, W. (2020). Role of Social Media in COVID-19 Pandemic. Business
Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial (2nd ed.). Penerbit Erlangga.
Instagram. (2023). Akun @Magangmerdeka.
https://www.instagram.com/magangmerdeka/
Isti’aanah, D. (2021). Instagram sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan
Informasi. https://kpi.iainkediri.ac.id/instagram-sebagai-sarana-pemenuhan-kebutuhan-informasi/
Kriyantono, R. (2019). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (1st ed.). KENCANA PRENADA MEDIA GRUP.
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL HUDA WONODADI BILTAR TAHUN 2018/2019. http://repo.uinsatu.ac.id/12078/
Morissan. (2018). STATISTIK SOSIAL. PRENADAMEDIA GROUP.
Mustika, D., Djafar, R. H., & Putri, Y. R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VISITBOGOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA @VISITBOGOR’S INSTAGRAM UTILIZATION TO FULFILLMENT THE FOLLOWERS NEEDS OF INFORMATION. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/156830
Nurudin. (2017). ILMU KOMUNIKASI: Ilmiah dan Populer (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Octavia, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA PAI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA). http://eprints.ums.ac.id/85570/1/1.%20NASKAH%20PUBLIKASI%20Upload.pdf
Pradita, A. (2017). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Ssosial Snapchat Di Pekanbaru. Komunikasi, 4(2), 1–12.
Riyanto, A. D. (2022, February). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital
Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Rorong, M. J. (2016). Peran Komunikasi: Teori, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis.
Rusdi, F., & Helen. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3712
Salsabila, A. A. (2022). PENGARUH INTENSITAS FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @BROSISKERJA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI LOWONGAN KERJA FOLLOWERS LULUSAN ILMU KOMUNIKASI. http://repository.unpas.ac.id/60685/
Saputra, A. (2019). SURVEI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA KOTA PADANG MENGGUNAKAN TEORI USES AND GRATIFICATIONS. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Septiani, A. (2022). FENOMENA PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENGUNGKAPAN DIRI. https://repository.upnvj.ac.id/15935/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chika Marsanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).