Strategi Marketing Public Relation McDonald’s Harapan Indah Bekasi dalam Upaya Mempertahankan Pelanggan

Authors

  • Thimothy Lejab Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Marketing, Marketing public relations strategy

Abstract

Waralaba telah berkembang pesat di Indonesia seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingginya minat masyarakat untuk menjadi pengusaha. Dalam empat tahun terakhir sejak 2018, persaingan bisnis di Indonesia menunjukkan perkembangan signifikan dan dinilai berada di level 4,81 pada 2021. Dalam konteks bisnis modern, perusahaan perlu memahami bahwa pelanggan bukan hanya konsumen yang mencari produk atau layanan berkualitas, tetapi mereka juga mencari nilai tambah, hubungan yang baik, dan keterlibatan dengan merek. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Strategi Marketing Public Relations Mcdonald's Harapan Indah Bekasi Dalam Upaya  Mempertahankan Pelanggan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan strategi pemasaran dan lokasi yang dipilih menjadi faktor kunci dalam persaingan bisnis di industri makanan cepat saji. Diskon dan kerja sama dengan Bank dalam metode pembayaran merupakan strategi yang digunakan untuk menarik pelanggan, dan pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi dan rasa peduli terhadap kebutuhan pelanggan adalah inti dari strategi marketing public relations untuk mencapai pasar yang dituju

References

Ahdiat, A. (2022). Persaingan Usaha di Indonesia Meningkat, Dekati Target 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/11/persaingan-usaha-di-indonesia-meningkat-dekati-target-2024

Alifahmi. (2008). Marketing Communication Orchestra: Harmonisasi Iklan, Promosi dan Marketing Public Relations. Bandung: Examedia Publishing.

Creswell, J. W., & Poth, C. (2018). Qualitative inquiry & research design (5th ed.). SAGE Publications Inc.

Evita, Y. S. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di PT. Bach Multi Global. Prologia, 2(2), 312 – 319.

Hafidz, T. Z. (2022). Strategi Public Relations Starbucks Dalam Mempertahankan Loyalitas Customer.

Harris, T.L., & Whalen, P. . (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st century,. 1st ed. Ohio: Thomson/South-Western.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jom Fisip, 4(2).

Nwogwugwu, D. I. (2017). Effective Customer Relations as a Public Relations Strategy in Financial Institutions. A Study of Access Bank PLC Ibadan, Oyo State, Nigeria. International Journal of Communication.

Octavianti, M. (2012). Menumbuhkan Kesadaran Merek Produk Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mengenai Optimalisasi Penggunaan “Twitter” Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Merek Maicih “Keriping Singkong Pedas Asli Kota Bandung.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Orakwue, E. (2006). Public Relations: An Alternative Communication Strategy For Achieving Competitive Advantage In Business Organisations. Journal Of Business And Retail Management Research (Jbrmr), 1(1).

Pramesti, A. R. (2012). Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Surakarta Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Marketing Public Relations Telkomsel Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan).

Saputra, N. (2020). Strategi Penentuan Harga dan Bauran Pemasaran. In Book: Manajemen Pemasaran: Dinamika, Optimasi, Dan Aplikasi (Pp.91 - 112)Publisher: CV. Diandra Primamitra Media (Anggota IKAPI No. 062/DIY/08).

Silvia, W., Surya, A., & Setianingsih, R. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tresuri Pada PT Bank BNI Wilayah Medan. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(2), 250–256. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socio/article/view/356

Published

2024-07-18