Membangun Komunikasi Melalui Podcast Sebagai Upaya KPU RI Meraih Enggagement Dengan Pemilih Generasi Muda

Authors

  • Irma Wanti Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo Kendari
  • Wa Ode Nila Farlin Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo Kendari
  • Muhammad Ishak Syahadat Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.5431

Abstract

Penetrasi di Indonesia semakin meningkat pasca pandemi dan didominasi oleh kelompok usia muda. Intensitas yang massif dengan Internet telah mengubah perilaku generasi muda dan mereka cenderung mengandalkannya untuk dapat mengakses media digital, media sosial, informasi dan lainnya. Generasi muda tersebut juga mendominasi jumlah pemilih pada Pemilu 2024. KPU RI yang memahami kondisi tersebut berupaya untuk membangun engagement dengan pemilih generasi muda. Podcast. Penggunaan Podcast tidak terlepas dari tingginya minat generasi muda terhadap media digital tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menelitinya karena KPU RI menjadi penyelenggara pemilu pertama di Indonesia yang memiliki Podcast untuk melakukan engagement dengan pemilih generasi muda. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi KPU RI dalam melakukan engagement dengan pemilih generasi muda melalui Podcast. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Hasilnya, pertama jumlah subcribers Youtube meningkat yang merupakan kanal Podcast KPU RI. Kedua, diperlukan kanal selain Youtube untuk Podcast KPU RI untuk meningkatkan engagement dengan pemilih generasi muda.

Downloads

Published

2023-01-30