Analisis Semiotika Roland Barthes Pemaknaan Pelecehan Seksual dalam Film Spotlight
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.4740Abstract
Pelecehan seksual memiliki makna sangat luas, mulai dari cara perilaku melihat objek sampai tindakan fisik disertai kekerasan. Pelecehan seksual berarti perilaku terkait dengan seks yang tak diinginkan, baik verbal maupun fisik yang merujuk seks. Film “Spotlight” sebagai objek kajian penelitian ini menggambarkan anak di bawah umur menjadi objek pemuas hasrat pelaku dengan cara paksaan, ancaman dan tekanan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap makna di balik film Spotlight menggunakan semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelecehan seksual pada jemaat anak-anak terindikasi bahwa subjek atau pelaku adalah orang terdekat, melakukan abuse of power, serta terdapat perbedaan rentang usia yang terpaut jauh dari korban.
kata kunci : Pelecehan Seksual, film spotlight, Semiotika, Roland Barthes
References
Davidson, Richard J, Klaus R Scherer, and H Hill Goldsmith. 2003. “Handbook of Affective Sciences.”
Hornor, Gail. 2010. “Child Sexual Abuse: Consequences and Implications.” Journal of pediatric health care 24(6): 358–64.
Kristanto, Wisnu. 2018. “Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 12(1): 175–89.
Kurniawan. 2001. “Semiologi Roland Barthes.” : 130.
Lexy, J Moleong. 2012. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.” Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. 2003. “Public Relations Dan Media Komunikasi, Edisi Revisi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.”
Russell & Fernández‐Dols. 1997. “The Psychology of Facial Expression. Cambidge: Cambridge University Press.”
Safitri, N R, Muhammad Ruslan Ramli, and Ballian Siregar. 2021. “Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Burger King Versi ‘Pesanlah Dari McDonald’s.’” Journal of Scientific Communcation 3(2): 120–31.
Sobur, A. 2006. “Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.”
Sobur, Alex. 2009. “Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.” Wacana Media.
Vera, Nawiroh. 2014. “Semiotika Dalam Riset Komunikasi.” Bogor: Ghalia Indonesia 8: 30.
Wibowo, Indiwan. 2013. “Semiotika Komunikasi: Jakarta: Mitra Wacana Media.”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Global Komunika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).