Analisis Semiotika Roland Barthes Pemaknaan Pelecehan Seksual dalam Film Spotlight

Authors

  • Septiwi Rinjiani Unversitas Esa Unggul, Jakarta
  • Ballian Siregar
  • Agus Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.4740

Abstract

Pelecehan seksual memiliki makna sangat luas, mulai dari cara perilaku melihat objek sampai tindakan fisik disertai kekerasan. Pelecehan seksual berarti perilaku terkait dengan seks yang tak diinginkan, baik verbal maupun fisik yang merujuk seks. Film “Spotlight” sebagai objek kajian penelitian ini menggambarkan anak di bawah umur menjadi objek pemuas hasrat pelaku dengan cara paksaan, ancaman dan tekanan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap makna di balik film Spotlight menggunakan semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelecehan seksual pada jemaat anak-anak terindikasi bahwa subjek atau pelaku adalah  orang terdekat, melakukan abuse of power, serta terdapat perbedaan rentang usia yang terpaut jauh dari korban.

kata kunci : Pelecehan Seksual, film spotlight, Semiotika, Roland Barthes

References

Davidson, Richard J, Klaus R Scherer, and H Hill Goldsmith. 2003. “Handbook of Affective Sciences.”

Hornor, Gail. 2010. “Child Sexual Abuse: Consequences and Implications.” Journal of pediatric health care 24(6): 358–64.

Kristanto, Wisnu. 2018. “Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 12(1): 175–89.

Kurniawan. 2001. “Semiologi Roland Barthes.” : 130.

Lexy, J Moleong. 2012. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.” Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2003. “Public Relations Dan Media Komunikasi, Edisi Revisi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.”

Russell & Fernández‐Dols. 1997. “The Psychology of Facial Expression. Cambidge: Cambridge University Press.”

Safitri, N R, Muhammad Ruslan Ramli, and Ballian Siregar. 2021. “Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Burger King Versi ‘Pesanlah Dari McDonald’s.’” Journal of Scientific Communcation 3(2): 120–31.

Sobur, A. 2006. “Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.”

Sobur, Alex. 2009. “Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.” Wacana Media.

Vera, Nawiroh. 2014. “Semiotika Dalam Riset Komunikasi.” Bogor: Ghalia Indonesia 8: 30.

Wibowo, Indiwan. 2013. “Semiotika Komunikasi: Jakarta: Mitra Wacana Media.”

Downloads

Published

2022-08-29