Peran E-Learning My Best Pada Pola Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBSI
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v5i1.4159Abstract
Awal 2021 wabah Covid-19 merusak banyak sektor salah satunya adalah pendidikan. Banyak universitas di seluruh dunia diberhentikan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Keadaan inilah yang mendesak beberapa universitas untuk tetap memberikan pembelajaran atau materi tanpa melakukan kontak fisik langsung atau biasa disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dalam PJJ nya menggunakan platform Learning Manajement System (LMS) dengan nama MyBest yakni My BSI Elearning Sistem. Ini merupakan pengembangan aplikasi LMS sebelumnya yang dapat diakses pada laman elearning.bsi.ac.id. Sebagai media pembelajaran MyBest digunakan oleh seluruh akademisi yang berada di lingkungan UBSI. Universitas Bina Sarana Informatika. Proses komunikasi pada setiap perkuliahan tidak lepas dari penggunaan media yang aktif digunakan pada masa pandemi Covid – 19 ini. Penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana peran MyBest pada pola komunikasi antara dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi beserta hambatannya. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian dalam kasus ini adalah mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI. Hasil penelitian menunjukkan MyBest memiliki peranan penting antara lain untuk melakukan presensi baik bagi dosen maupun mahasiswa, untuk menyampaikan materi dan sebagai pertukaran pesan pada ruang diskusi dan tugas. Hambatan yang terjadi saat menggunakan MyBest adalah kondisi server yang sering down. Sehingga mengganggu perkuliahan khususnya ketika mengisi daftar hadir atau mengumpulkan tugas. Web server selain Mozilla sulit untuk mengakses platform MyBest. Pola komunikasi selama pembelajaran online menggunakan MyBest adalah pola komunikasi sekunder yang menuntut dosen agar memiliki kemampuan menggunakan teknologi. Serta komunikasi dua arah agar tercipta pergantian fungsi antara komunikator dan komunikan.
Keywords : Learning Management System (LMS), MyBest BSI, Pola Komunikasi, Covid-19
References
Books
Ardianto, Elvinaro. 2013. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasara Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.
Devito, Joseph. 2018. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek, Bandung, Rosda
Hardjono. 2006. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta Andi.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Soejanto. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal:
Arizona, Kurniawan., Abidin, Zainal., Rumansyah, 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (1): 64 – 70
Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4).
Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing) Vol.4 No.2
Hanum, Numiek. 2013. “Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto”. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 3, No. 1, p. 210-216.
Khotijah, Siti. 2016. Perancangan Database E-Learning Manajemen System Untuk Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal String Vol. 1 No. 1. p. 65 - 73
Nadziroh, Faridatun. 2017. Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis ELearning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis). 2(1): 13
Tajibu, Kamaluddin., Suherman, Sintia. 2020. Pola Komunikasi Camat Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Kecamatan Anggeraja Kab. Enrekang). Jurnalisa Vol 06 Nomor 2/November 2020
Yauma, Alfath., Fitri, Iskandar., Ningsih, Sari. 2020. Learning Management System (LMS) pada E-Learning Menggunakan Metode Agile dan Waterfall berbasis Website.
Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi) 5 (3)
Situs:
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, pp. 1–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Global Komunika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).