KEMENANGAN ANIES-SANDI PADA PUTARAN KEDUA PILKADA DKI 2017-2022; TINJAUAN BAURAN PEMASARAN POLITIK
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v1i1.299Abstract
Menggunakan bauran pemasaran dalam dunia politik akan melihat bagaimana institusi politik atau suatu tim pemenangan secara menyeluruh mulai dari memformulasikan suatu produk politik berupa kebijakan, figur, partai dan presentasi, menyusun program publikasi, menghitung harga produk politik baik secara ekonomis,psikologis dan sosial, sampai pada upaya menempatkan produk dalam akses yang paling mudah untuk diperoleh. Bauran pemasaran menjadi strategi dalam mengemas produk politik sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat yang akan memilihnya.
Kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam putaran kedua pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dapat dianalisa melalui penerapan strategi bauran pemasaran politik. Sejauhmana strategi bauran pemasaran politik digunakan oleh tim pemenangan Anies-Sandi dalam menjaring suara yang memenangkannya 57,96 %.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).