Analisis Efektivitas Media Internal Website MyBCA dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT BANK CENTRAL ASIA KCU Wisma Asia

Authors

  • Yesa Felicia Santoso
  • Aska Leonardi Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.2367

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah media internal website MyBCA efektif digunakan dalam pemenuhan kebutuhan informasi para karyawannya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode quota sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner. Kemudian data yang didapat dianalisa dengan menyederhanakan data menggunakan coding book dan coding sheet. Teori yang digunakan adalah teori Uses & Gratification dimana penulis membatasi dalam kebutuhan kognitif atau kebutuhan seputar informasi. Penilaian pemenuhan kebutuhan informasi meliputi distribution, awareness, reliability, understanding, readability, dan cost. Hasil penelitian menunjukkan indikator distribution dan awareness mendapatkan hasil paling rendah dan masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk reliability mendapatkan hasil yang paling tinggi dibandingkan indikator yang lainnya yang berarti sudah baik dalam memberikan informasi terkait pesoalan-persoalan yang ada.

Author Biography

Aska Leonardi, Universitas Sahid

mengajar di Usahid Jakarta, pangkat asisten ahli

Published

2021-02-12