ANALISA PROSES PRODUKSI PROGRAM BERITA SAAT KEBIJAKAN WORK FORM HOME (WFH)
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.2362Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan produksi, proses produksi dan analisis produksi program berita 1st session closing di IDX Chanel saat kebijakan Work Form Home (WFH). Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma positifis. Data diperoleh melalui proses observasi dengan melakukan proses magang, wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Dengan menggunankan Teori Hirarki Pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, maka penulis akan meneliti apakah ada tekanan dari level rutinitas media terhadap program berita 1st session closing yang ditinjau dari tiga unsur, yakni: Audiens (Consumers), Organisasi Media (Processor), dan Sumber Berit (Suppliers). Setelah melakukan penelitian 1st session closing dalam memproduksi programnya melalui tiga tahap, yakni: Pra produksi, Produksi dan Pasca produksi. Dilihat dari teori hirarki pengaruh level media rutin dalam proses produksi program berita 1st session closing di pengaruhi 3 unsur, yaitu: Audiens, Organisasi Media dan Sumber Berita. Dan pengemasan berita yang biasannya menggunakan format 5w+1H.
Kata Kunci: Analisis Produksi, Teori Hirarki Pengaruh, Audiens, Organisasi Media, Sumber Berita.
References
Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Cet Ke-3. Jakarta: Kencana.
D. Reese, Stephen. 1991. Setting the Media’s Agenda: A Power Balance Perspective. Baverly Hills: Sage.
Dimas, Cornel, and Josep J Darmawan. 2012. “Audiens Dan Program Acara Sepakbola Di TV Publik.” Digital Times, 2–12.
J Shoemaker, Pamela dan D. Reese Stephen. 1996. Mediating The Message. New York. Logman Publisher.
Massie, Ruth Debora. 2013. “Manajemen Program Siaran Dialog Interaktif Di Kantor Rri Manado.” Acta Diurna2 (1).
Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Muhtadi, Asep S dan Handjani, Sri. 2003. Dakwah Kontemporer: Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi. Bandung: Pusda Press.
Nusa, Lukman. 2010. “Halaman Muka Majalah Tempo (Studi Analisis Isi Perbedaan Halaman Muka Representasi Tajuk Utama Majalah Tempo Edisi Tahun 1993/1994 Dengan Tahun 2009/2010).” Profetik: Jurnal Komunikasi Volume 09,: No 01.
Raharjo, Sumantri R. 2015. Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Jogja TV). Yogyakarta: Profetik Jurnal Komunikasi Vol 8 No 2.
Robin, Patricia. 2014. “Analisis Produksi Program Fashion ‘Ilook’ Di Net Tv.” Jurnal Visi Komunikasi13 (01): 121–36.
Uchajana Efendy, Onong. 1993. Televisi Siaran: Teori & Praktik. Bandung: Mandar Maju.
Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Berita. Yogyakarta: Pinus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).