ANALISA PROSES PRODUKSI PROGRAM BERITA SAAT KEBIJAKAN WORK FORM HOME (WFH)

Authors

  • Agung Raharjo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ilham Albar Pane Universitas Bina Sarana Informatika
  • Juniarti Eka Sapitri STMIK Nusa Mandiri
  • Tuty Mutiah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.2362

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan produksi, proses produksi dan analisis produksi program berita 1st session closing di IDX Chanel saat kebijakan Work Form Home (WFH). Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma positifis. Data diperoleh melalui proses observasi dengan melakukan proses magang, wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Dengan menggunankan Teori Hirarki Pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, maka penulis akan meneliti apakah ada tekanan dari level rutinitas media terhadap program berita 1st session closing yang ditinjau dari tiga unsur, yakni: Audiens (Consumers), Organisasi Media (Processor), dan Sumber Berit (Suppliers). Setelah melakukan penelitian 1st session closing dalam memproduksi programnya melalui tiga tahap, yakni: Pra produksi, Produksi dan Pasca produksi. Dilihat dari teori hirarki pengaruh level media rutin dalam proses produksi program berita 1st session closing di pengaruhi 3 unsur, yaitu: Audiens, Organisasi Media dan Sumber Berita. Dan pengemasan berita yang biasannya menggunakan format 5w+1H.

Kata Kunci: Analisis Produksi, Teori Hirarki Pengaruh, Audiens, Organisasi Media, Sumber Berita.

References

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Cet Ke-3. Jakarta: Kencana.

D. Reese, Stephen. 1991. Setting the Media’s Agenda: A Power Balance Perspective. Baverly Hills: Sage.

Dimas, Cornel, and Josep J Darmawan. 2012. “Audiens Dan Program Acara Sepakbola Di TV Publik.” Digital Times, 2–12.

J Shoemaker, Pamela dan D. Reese Stephen. 1996. Mediating The Message. New York. Logman Publisher.

Massie, Ruth Debora. 2013. “Manajemen Program Siaran Dialog Interaktif Di Kantor Rri Manado.” Acta Diurna2 (1).

Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Muhtadi, Asep S dan Handjani, Sri. 2003. Dakwah Kontemporer: Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi. Bandung: Pusda Press.

Nusa, Lukman. 2010. “Halaman Muka Majalah Tempo (Studi Analisis Isi Perbedaan Halaman Muka Representasi Tajuk Utama Majalah Tempo Edisi Tahun 1993/1994 Dengan Tahun 2009/2010).” Profetik: Jurnal Komunikasi Volume 09,: No 01.

Raharjo, Sumantri R. 2015. Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Jogja TV). Yogyakarta: Profetik Jurnal Komunikasi Vol 8 No 2.

Robin, Patricia. 2014. “Analisis Produksi Program Fashion ‘Ilook’ Di Net Tv.” Jurnal Visi Komunikasi13 (01): 121–36.

Uchajana Efendy, Onong. 1993. Televisi Siaran: Teori & Praktik. Bandung: Mandar Maju.

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Berita. Yogyakarta: Pinus.

Downloads

Published

2021-02-13