ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. TAMAN KAMPUNG ARTIS RENTAL BROADCASTING EQUIPMENT
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.1885Abstract
Pertumbuhan industri jasa broadcasting equipment menjadi tantangan bagi para pelaku untuk menarik minat pelanggan agar menjadi konsumen yang loyal terhadap perusahaan. Beragam strategi dilakukan perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan, diantaranya dengan meningkatkan citra perusahaan dan kualitas pelayanan. citra perusahaan adalah keseluruhan kesan yang dibuat di benak masyarakat, tentang sebuah perusahaan yang merupakan hasil keseluruhan pengalaman penggunaan pelanggan. Sementara kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang melampaui harapan pelanggan. Untuk mengetahui loyalitas pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakna spss 17. Kuesioner diberika kepada 30 pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment yang merupakan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra perusahan dan kualitas pelayanan secara secara simultan atau bersama-sama mampu menjelaskan hubungan Loyalitas Pelanggan hanya sebesar 48,9%, dan siasanya 51,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: citra perusahaan, kualitas layanan, Loyalitas Pelanggan
References
George et all. 2008. SPSS For Introductory Statistic Use and Interpretation Second Edition. Francis: Taylor.
Gilbert dan Tang. 1998. Quality Planning and Analysis, Mc Graw Hill Internasional. New York.
Hasan, Ali, 2008, Marketing. Media Pressindo: Yogyakarta.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.
Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedua belas, Terjemahan oleh Benyamin Molan, New Jersey: Prentice Hall, Inc,
Kotler, Philip and Armstrong, Gary, 2007, Dasar-dasar Pemasaran , Jilid 2 Edisi Kesembilan, Terjemahan oleh Alexander Sindoro, New Jersey: Prentice Hall Inc..
Priyanto, Duwi. 2009. Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: ANDI.
Sarwono, Jonathan. 2009. Statistik Itu Mudah Panduan Lengkap Untuk Belajar
Sentana, Aso, 2006, Ecxellent Service and Customer Satisfaction. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sujianto Eko Agus. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Tjiptono, Fandy, 2005, Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widiyanto Agus Mikha. 2014. Statistika Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen & Pelayanan Gereja: Lengkap Dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup.
Zeithaml, Valarie A and Mary Jo Bitner, 2001, Services Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm. USA : McGraw-Hill Companies Inc., 1st ed.,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).