EKSISTENSI RADIO DALAM PROGRAM PODCAST DI ERA DIGITAL KONTEN (Studi Deskriptif Program Podcast 101jakfm.com)

Authors

  • Venessa Agusta Gogali Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Tsabit Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1713

Abstract

Hadirnya ilmu perkembangan dan teknologi baru yang ada di Indonesia dan mulai digunakan oleh stasiun penyiaran publik, swasta, maupun komunitas untuk menyebarluaskan siaran melalui media internet, yaitu streaming. Salah satu radio yang menggunakan radio internet atau streaming untuk menyebarluaskan program siarannya, dalam menerapkan strategi komunikasi Radio Jak 101 FM  terlebih dahulu mengenal khalayak sasaran (pendengar). Setelah mengetahui khalayak sasaran, di era digital saat ini Jak 101FM membuat program podcast, karena di era digital saat ini membuat program podcast merupakan hal utama yang dapat ditawarkan kepada klien – kliennya dalam menawarkan kerjasama iklan radio. Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang efektif bagi masyarakat karena jangkauannya yang luas dan dapat menembus berbagai lapisan dan kalangan masyarakat. Keberhasilan suatu radio pada umumnya bergantung pada bagus tidaknya suatu program acara yang di sajikan. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa eksistensi Radio Jak 101 FM sebagai media informasi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya telah mewarnai kehidupan pendengarnya, dalam era digital saat ini Radio 101 Jak FM telah membuat konten konten yang menarik unik kreatif agar eksistensinya tetap bertahan. Studi analisis deskriptif ini bertujuan bagaimana stasiun radio dapat bertahan di era digital dengan pemanfaat new media yaitu podcast. Podcast merupakan konten digital yang sedang popular dikalangan masyarakat khususnya kaum muda-mudi. Maka dari itu perlunya media radio mengikuti perkembangan teknologi informasi berbasis internet atau digital

Author Biography

Venessa Agusta Gogali, Universitas Bina Sarana Informatika

pengajar di universitas bina sarana informatika

References

Abidin, Z. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Berry, R. (2006). Will The iPod Kill The Radio Star? Convergence: The International Journal of Research into New Media Technologies.

Effendy, P. D. O. U. (2005). Ilmu Komunikasi : Teori Dan praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (6th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562

Harkandi Kencana, W. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand (Studi Deskriptif Podcast Di Indonesia). Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 191–207.

https://billboardid.com/kebangkitan-podcast-di-indonesia-dan-kurangya-podcast-musik-lokal/

http://101jakfm.com/station/sarapan-seru

Downloads

Published

2020-06-10