PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM KOMUNIKASI WISATA PADA LOKAL KEARIFAN DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v2i1.1574Abstract
Komunikasi berperan penting di setiap bidang pembangunan di Indonesia, salah satunya pada bidang pariwisata. Pengembangan objek wisata di Kota Bogor saat ini sudah menyentuh ke wilayah Kelurahan, salah satunya Kelurahan Katulampa, dengan produk pariwisata Kujang Pajajaran yang merupakan salah satu budaya asli Bogor dan dikelola pembuatannya di galeri Kujang Pajajaran, sebuah tempat yang memamerkan dan membuat langsung kujang pajajaran sebagai bagian dari kearifan lokal Kota Bogor. Permasalahan yang diteliti sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan media online dalam menyampaikan pesan kearifan lokal pariwisata. Bagaimanakah pemanfaatan media online dalam menyampaikan informasi kearifan lokal pariwisata dan apa saja bentuk-bentuk pemasaran pariwisata dalam komunikasi. Penelitian didisain dengan pendekatan kualitatif deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di Bogor pada Februari sampai Juli 2019. Informan penelitian adalah subjek yang memahami informasi objek penelitian sebagai pelaku maupun orang lain yang memahami objek penelitian, yaitu Pelaku Pariwisata di Bogor, masyarakat Bogor dan wisatawan luar Bogor. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui observasi, dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari kepustakaan seperti buku, jurnal, dan internet mengenai pemanfaatan media online dalam menyampaikan informasi kearifan lokal pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan, galeri Kujang Pajajaran sudah memanfaatkan media online dalam memasarkan produknya. Pemanfaatan media online dilakukan secara langsung oleh pengelola melalui media sosial Instagram, Facebook dan Whats App (WA). Sedangkan informasi tentang galeri Kujang Pajajaran sudah banyak diunggah oleh redaksi portal berita media online yang pernah meliput dan mewawancara Wahyu sebagai pemilik dan pengelola beserta kegiatan pembuatan Kujang dan kegiatan di galerinya yang setiap hari selalu ada tamu yang datang berkunjung. Video tentang galeri Kujang Pajajaran banyak diunggah di Youtube oleh redaksi portal media online ataupun oleh blogger dan vlogger yang pernah mendatangi galeri Kujang Pajajaran. Di mesin pencari Google, dengan kata kunci Kujang Pajajaran akan muncul beragam informasi tentang galeri Kujang pajajaran. Pengelola galeri Kujang Pajajaran belum pernah secara khusus berpromosi di media massa termasuk media online. Hal ini disebabkan anggapan pengelola akan manfaat media online yang tak signifikan dengan kedatangan dan pembelian pengunjung. Komunikasi pemasaran interaktif dan personal selling serta promosi penjualan dianggap lebih dominan dalam mendatangkan pembeli.
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).