Framing Politik Identitas oleh Media IDNTimes.com
Abstract
Saat ini, beragam media hadir untuk menyajikan berbagai informasi dan berita kepada pembacanya, salah satunya adalah media IDNTImes.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing politik identitas yang dilakukan oleh media IDNTimes.com dengan menggunakan analisis framming Robert N.Etman. Mendekati pemilu 2024 isu politik identitas semakin mencuat. Isu ini pertama kali mulai ramai mencuat semejak pemilu DKI pada 2017 lalu. Media memiliki peran dan tanggungjawab untuk mengatasi ancaman dari politik identitas ini, salah satunya seperti yang dilakukan oleh IDNTimes.com. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses pengumpulan data-data melalui wawancara mendalam dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyajikan berita, IDNTimes berkomitmen untuk menyajikan berita yang sesuai dengan fakta-fakta di lapangan serta sangat menghindari clickbait. Karena, hal tersebut dapat membodohi dan menyesatkan para pembacanya. Sesuai dengan tugas dari media, IDNTimes.com terus berkomitmen untuk menyajikan berita dan informasi yang dapat mengedukasi dan memberikan manfaat yang positif. Penelitian ini juga melihat peran media massa dan media online dalam menghadapi politik identitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa media massa dan media online sangat berpengaruh dalam framing politik identitas serta kuatnya pengaruh hal-hal tertentu terhadap pencapaian politik khususnya pada saat pemilu
References
Alami, Athiqah Nur. 2014. “Menakar Kekuatan Media Sosial Menjelang Pemilu 2014 Measuring the Power of Social Media Ahead of the 2014 Election.” Jurnal Penelitian Politik Lipi 10 No. 1(January 2013): 85–99.
Anggoro, Ayub Dwi. 2014. “Media, Politik Dan Kekuasaan.” Jurnal Aristo 2(2): 25–52. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/16-1355-1-PB.pdf.
Béland, Daniel. 2017. “Identity, Politics, and Public Policy.” Critical Policy Studies 11(1): 1–18.
Bernstein, Mary. 2005. “Identity Politics.” Annual Review of Sociology 31(2005): 47–74.
Börzel, Tanja A., and Thomas Risse. 2018. “From the Euro to the Schengen Crises: European Integration Theories, Politicization, and Identity Politics.” Journal of European Public Policy 25(1): 83–108.
Boykoff, Jules, and Ben Carrington. 2020. “Sporting Dissent: Colin Kaepernick, NFL Activism, and Media Framing Contests.” International Review for the Sociology of Sport 55(7): 829–49.
Butsi, Febry Ichwan. 2019. “Mengenal Analisis Framing : Tinjauan Sejarah Dan Metodologi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 1(2): 52–58.
Cacciatore, Michael A., Dietram A. Scheufele, and Shanto Iyengar. 2016. “The End of Framing as We Know It … and the Future of Media Effects.” Mass Communication and Society 19(1): 7–23.
Chan, Michael, Hsuan Ting Chen, and Francis L.F. Lee. 2019. “Examining the Roles of Political Social Network and Internal Efficacy on Social Media News Engagement: A Comparative Study of Six Asian Countries.” International Journal of Press/Politics 24(2): 127–45.
Fabiana Meijon Fadul. 2019. “PEMBINGKAIAN SOSOK BASUKI TJAHAJA PURNAMA DARI SUDUT PANDANG POLITIK IDENTITAS PADA PILKADA DKI JAKARTA 2017 DALAM ERAMUSLIM.COM DAN TIRTO.ID Abstrak.”
Fadhlurrohman, Mochammad Iqbal, and Eko Priyo Purnomo. 2020. “The Role of Online Mass Media as a Tool for the 2019 Political Campaign in Indonesia.” Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies) 4(2): 311.
Galpin, Charlotte, and Hans-jörg Trenz. 2017. “Euroscepticism, Democracy and the Media.” Euroscepticism, Democracy and the Media: 49–72.
Hasyim, Nanang Mizwar. 2017. “KONSTRUKSI CITRA MASKULINITAS CALON PRESIDEN (Study Analisis Framing Model Gamson Dan Modigliani Pada Pemberitaan Koran Harian Kompas Dan Jawa Pos Edisi Juni 2014).” Profetik: Jurnal Komunikasi 9(1).
Ikasari, Prinisia Nurul, Anisa Setya Arifina, Universitas Tidar, and Jalan Kapten Suparman. 2020. “Framing Joko Widodo Dan Prabowo Subianto Di Harian Kompas Dalam Pemilihan Presiden 2019.” Jurnal Komunikasi dan Kajian Media 4(1): 73–83. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2390.
Kreiss, Daniel. 2016. “Seizing the Moment: The Presidential Campaigns’ Use of Twitter during the 2012 Electoral Cycle.” New Media and Society 18(8): 1473–90.
Kurrahman, Taufiq. 2015. “Penempatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Jabatan Struktural Pada UPTD Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.” Perspective 4(2): 116–26.
Mietzner, Marcus. 2020. “Authoritarian Innovations in Indonesia: Electoral Narrowing, Identity Politics and Executive Illiberalism.” Democratization 27(6): 1021–36. https://doi.org/10.1080/13510347.2019.1704266.
Pahlevi, Akhmad Fathur. 2019. “Hegemoni Harian Fajar Menjelang Pilpres 2019 (Studi Wacana Kritis, Norman Fairclough).” Jurnal Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam V(2): 142–57.
Powell, Kimberly A. 2018. “Framing Islam/Creating Fear: An Analysis of U.S. Media Coverage of Terrorism from 2011–2016.” Religions 9(9).
Siregar, Ade Kurniawan, and Eka Fitri Qurniawati. 2022. “Analisis Framing Pemberitaan Buzzer Di Tempo.Co.” Journal of New Media and Communication 1(1 SE-Articles): 1–15. https://journal.sinergiinstitute.com/index.php/JNMC/article/view/1.
Siregar, B., Abdullah, A. Z., & Solihin, O. (2022). Resepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden. Jurnal Common, 6(2), 135-145.
Soenjoto, Wening Purbatin Palupi. 2019. “Eksploitasi Isu Politik Identitas Terhadap Identitas Politik Pada Generasi Milineal Indonesia Di Era 4.0.” Journal of Islamic Studies and Humanities 4(2): 187–217.
Solihin, Olih. 2019. “Make Moral Judgment of Political Figures In The Election of The Governor of West Java.” 225(Icobest 2018): 416–21.
Solihin, O., Widyaningrum, R., Hariyati, F., Nurhadi, Z. F., & Waluyo, E. A. (2022). TINJAUAN TENTANG CLICKBAIT DI MEDIA. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 7(1), 74-84.
Tansal, Epi Aresih, Rahmawati Latief, and Hartina Sanusi. 2020. “Representasi Politik Identitas Dalam Pemilihan Presiden 2019 Pada Pemberitaan Kompas. Com.” Jurnal Washiyah 1(1): 181–95. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/13341.
Yuniartin. 2019. “Framing Agama Dalam Politik Praktis.” Jurnal Studi Agama-Agama 2(1): 59–70.
Zhuravskaya, Ekaterina, Maria Petrova, and Ruben Enikolopov. 2020. “Political Effects of the Internet and Social Media.” Annual Review of Economics 12: 415–38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 olih solihin, Maulana Irfan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).