ANALISIS POLITICAL BRANDING AKUN INSTAGRAM @GANJAR_PRANOWO DALAM MASA KAMPANYE PILPRES 2024

Penulis

  • Jihan Syairaa Paras Putri Ayudhiya Universitas Padjadjaran
  • Cecep Safa’atul Barkah
  • Tetty Herawaty
  • Lina Aulina
  • Christian Dwi Putri Septian
  • Lucky Taufik Sutrisno

Kata Kunci:

Pemasaran Politik, Media Sosial

Abstrak

Penelitian ini menganalisis political branding yang digunakan oleh akun Instagram resmi @ganjar_pranowo selama periode Desember 2023-Februari 2024 dalam konteks Pemilihan Presiden Indonesia 2024. Penelitian ini menggunakan fokus tiga indikator utama, identifikasi diri, positioning, dan produk politik. Pendekatan kualitatif dengan analisis konten langsung diterapkan untuk mengeksplorasi bagaimana postingan instagram dapat membentuk persepsi yang kuat tentang Ganjar Pranowo sebagai kandidat presiden. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa political branding yang diterapkan oleh Ganjar Pranowo selama masa kampanye Pilpres 2024 berhasil secara signifikan dalam membangun citra politik.

Diterbitkan

2025-03-07