PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DI PT. PIPA MAS PUTIH, BATAM

Authors

  • Haris Adi Swantoro Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Akhmad Nidhomuz Zaman Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Merike Widi Safitri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Rahmayanti Wulandari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54378/bt.v16i1.1694

Keywords:

idle time, lean, minimasi, tubing, waiting

Abstract

Persaingan di dunia industri saat ini semakin tinggi, perusahaan dituntut untuk dapat terus meningkatkan performanya, salah satunya dengan usaha meningkatkan produktivitas. PT. Pipa Mas Putih plant Batam merupakan perusahaan produksi screen dan OCTG pipes. Perusahaan ini menyokong kebutuhan pipa untuk perusahaan oil & gas. Di dalam proses produksi Tubing 3 ½ “93.30 PFF, J-55, EU, 8-RD, R-2 sering mengalami kemunduran lead time akibat kurang optimalnya produktivitas produksi dan menyebabkan terjadinya idle time yang teridentifikasi di lapangan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai selisih waktu total aktivitas aktual dan usulan setelah minimasi di dalam proses produksi produk OCTG dan mengidentifikasi pemborosan yang terjadi di PT. Pipa Mas Putih plant Batam. Hasil yang didapat: Banyaknya aktivitas produksi sebesar 38 aktvitas. Besar total waktu aktual sebesar 143,11 menit dan total waktu usulan sebesar 124,44 menit. Terjadi penurunan total waktu sebesar 18,67 menit. Pemborosan yang teridentifikasi mempunyai ranking tertinggi yaitu waiting, unnecessary motion, dan inappropriate processing. Teknik Lean Manufacturing membantu perusahaan untuk menjadi kompetitif, dalam hal pengurangan waste dalam operasi dengan memaksimalkan aktivitas yang bernilai tambah.

Author Biographies

Haris Adi Swantoro, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Fakultas Teknik-Teknik Industri

Akhmad Nidhomuz Zaman, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Fakultas Teknik-Teknik Industri

Merike Widi Safitri, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Fakultas Teknik-Teknik Industri

Rahmayanti Wulandari, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Fakultas Teknik-Teknik Industri

References

Daonil.,“Implementasi Lean Manufacturing untuk Eliminasi Waste pada Lini Produksi Machining Cast Wheel dengan Menggunakan Metode WAM dan VALSAT”. Universitas Indonesia (UI) Depok. 2012.

Karlsson, C., & Åhlström, P. Change Processes Towards Lean Production: The Role of the Remuneration System. International. Journal of Operations and Production Management, 15(11), 80-99. 1995.

Kurniawan Taufik., “Perancangan Lean Manufacturing Dengan Metode VALSAT Pada Line Produksi Drum Brake Type Imv (Studi Kasus: PT. Akebono Brake Astra Indonesia)”. Universitas Indonesia (UI) Depok, 2012.

Nuruddin, Abdul Wahid., Surachman., Setyanto, Nasir Widha., Soenoko, Rudy. Implementasi Konsep Lean Manufacturing Untuk Meminimalkan Waktu Keterlambatan Penyelesaian Produk “A” Sebagai Value Pelanggan (Stusi Kasus Pt. Tsw (Tuban Steel Work), Universitas Brawijaya Malang, 2013.

Wee, H.; Wu, S.”Lean supply chain and its effect on product cost and quality: a case study on Ford Motor Company”. Supply Chain Management. An International Journal, Vol. 14, pp.: 335 – 341. 2009.

Wignjosoebroto, Sritomo., “Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Teknik Analisis Untuk Peningkatan Kerja, Edisi Pertama”. PT. Guna Widya Jakarta, 1995.

Zaman, A.N. Damayanti., T. Rizal, Reda. Analisa pemborosan proses produksi dengan pendekatan lean manufacturing (studi kasus : PT. F). SNIS Seminar Nasional Industrial Services Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Journal Industrial Services Vol. 3 No. 1 Oktober, 2017.

Published

2020-07-31