ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI SONGKOK UD. ASWAD DAN SON DI DESA BUNGAH GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.54378/bt.v15i2.1046Keywords:
Analisis Strategi Bersaing, Industri Kecil, IFE, EFE Matriks, SWOT Analysis.Abstract
Pertumbuhan ekonomi pada usaha kecil dan menengah (UKM) sangatlah memilii peranan yang sangat penting dalam permbagunan ekonomi. Salah satunya yaitu di UD Aswad dan Son merupakan usaha kecil dan menengah kerajinan songkok yang berada di Wilayah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. UD Aswad dan Son ini didirikan pada tahun 1986 oleh Bapak H. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kondisi objektif di UD Aswad dan Son, menganalisis posisi keunggulan bersaing menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat simpulkan faktor-faktor kekuatan (strengths) mempunyai nilai skor sebesar 2.49, faktor-faktor kelemahan (weaknesses) mempunyai nilai skor sebesar 0.50, peluang sebesar 2.64 dan ancaman sebesar 0.42 yang berarti UD Aswad dan Son mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan faktor kelemahan dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Sedangkan dalam menentukan pilihan strategi pada diagram cartecius ditunjukkan ada kuandran IB yang merupakan stable growth dengan skor S < O yaitu peluang pasar sangat berpengaruh pada UD. Aswan dan Son.
References
Deo Lenardus. 2017. Analisis Strategi Bersaing Pada UKM Batik Syafira di Surabaya. Diakses melalui http://karya ilmiah.narotama.ac.id pada tanggal 29 Agustus 2019.
Jafar, H. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2019.
Louis E. Kurtz, David L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1.Salemba Empat, Jakarta.
Madura, Jeff. (2001). Pengantar Bisnis Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler dan Armstrong terjemahan Sihombing 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: ERLANGGA.
Pearch Dan Robinson 1997. Diakses dari http://hipni.blogspot.co.id/2012/02/ pengertian definisi manajemen strategi. html, Diakses 27 November 2015.
Porter 1980. Strategi Bersaing. Diakses Dari https://aditnobaka.wordpress.com /2012/10/08/pengertian-konsumen/, Diakses November 2015.
Rangkuti (2006). Pengertian dan rancangan diagram analisis SWOT. Jakarta: Bumi Aksara.
Syuhardi, 2018. Analisis Strategi Bersaing Industri Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat. Jurnal of Applied Business and Economics, Vol 4 No 4. 350-359.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Journal Bina Teknika grants open acces to all of its content, based on that matter makes all research papers published are freely available to public which ensures greater global excchange of knowledge
Journal Bina Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Refers to these license, all research papers agree to the following terms:
- Attribution - Authors holds the credit of their research works published, in order to use materials from one or more research papers published in Bina Teknika should be given appropriate credit
- Non Commercial - All research papers published in Bina Teknika may not use for commercial purposes
- Share Alike - Any creation made under one or more concepts from research papers published in Bina Teknika should be distribute your contributions under the same license as original