ANALISIS KEMAMPUAN TEKNOLOGI PT X DENGAN PENDEKATAN TEKNOMETRIK DAN ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP)

Authors

  • Bambang Adiantoro Sekolah Staf dan Komando TNI AL

DOI:

https://doi.org/10.54378/bt.v15i2.1024

Keywords:

Kemampuan Teknologi, Industri Galangan Kapal, Teknometrik, Technoware, Humanware, Infoware, Orgaware, Analitycal Network Process (ANP).

Abstract

Analisis kemampuan teknologi PT X menggunakan pendekatan Teknometrik dan Analitycal Network Process (ANP) yang hasil akhirnya adalah nilai Technology Coeficient Contribution (TCC) dan prioritas pengembangan komponen teknologi, untuk TCC mendapatkan nilai sebesar 0,5281 yang berada pada rentang nilai 0,5 < TCC ≤ 0,7 dapat dinyatakan bahwa tingkat kemampuan teknologi PT X dalam melaksanakan pembangunan kapal angkut tank dikategorikan memiliki kemampuan yang “baik” dan memiliki tingkatan teknologi “semi modern”. Sedangkan untuk prioritas pengembangan komponen teknologi menunjukkan bahwa Technoware merupakan alternatif yang menjadi prioritas pertama dengan nilai pembobotan 0,3031, komponen yang menjadi prioritas kedua adalah Orgaware dengan nilai pembobotan 0,2968, kemudian yang menjadi prioritas ketiga adalah komponen Humanware dengan nilai pembobotan 0,2007 dan yang menjadi prioritas keempat adalah komponen Infoware dengan nilai pembobotan 0,1994. Nilai Consistency Ratio (CR) sebesar 0,00720 menunjukkan bahwa penentuan prioritas alternatif yang telah dilaksanakan sudah konsisten karena memiliki nilai CR ≤ 0,1. Komponen teknologi Technoware sangat penting untuk dikembangkan karena sangat berpengaruh dalam mendukung perusahaan untuk fokus terhadap konsumen dengan didukung oleh organisasi yang solid serta personil yang profesional agar dapat bersaing diindustri galanagan kapal nasional.

Author Biography

Bambang Adiantoro, Sekolah Staf dan Komando TNI AL

Mayor Laut (T) Bambang Adiantoro 

Perwira Mahasiswa Dikreg Angkatan 57

Nomor 064.

References

Achmad Fauzan, Yopi Novita dan Vita Rumanti K. (2009). Penilaian Tingkat Teknologi Dok Pembinaan Unit Pelaksana Teknis Balai Teknologi Penangkapan Ikan (UPT BTPI) Muara Angke.

Evi Rusmanida Yanthi. (2018). Analisis Kontribusi Komponen Teknologi (Technoware, Humanware, Infoware, Orgaware) Pada Perusahaan Jasa Transportasi Kereta Api Barang Dengan Pendekatan Model Teknometrik.

Fitria Fresty Lungari, (2017). Analisis Kesiapan Komponen Teknologi (Humanware) di Galangan Kapal Menengah.

John W. Crteswell. (2009). Research Design, Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. (Ahmad Fawaid, Penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Nazaruddin. (2008). Manajemen Teknologi. Yogyakarta. Graha ilmu.

Noor Virliantarto, Buana Ma’ruf, Ketut Suastika. (2017). Pengukuran Kesiapan Teknologi untuk Membangun Kapal Kontainer 100 Teus Dengan Sistem Modular di PT PAL Indonesia.

Rusydiana, A. S., & Devi, A. (2013). Analytic Network Process: Pengantar Teori dan Aplikasi. Bogor: Smart Publishing.

Shipbuilding Technologi and education, Washington, D.C. National Academy Press, 1996.

Vanany, I. (2004). Aplikasi Analytic Network Process (ANP) pada perancangan sistem pengukuran kinerja (studi kasus pada PT X). Jurnal Teknik Industri, 5(1).

Published

2020-04-17