RANCANGAN KABIN MASINIS KRL COMMUTER LINE DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN ANTROPOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.54378/bt.v14i1.309Keywords:
ErgonomiAbstract
Ketidakergonomisan ruang kemudi Kereta Rel Listrik (KRL) dapat menyebabkan seorang masinis terkena Work-related Musculoskeletal Disorder (WMSDs) yang berdampak pada berkurangnya kemampuan konsenterasi saat mengoperasikan KRL yang cendrung statis. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan usulan desain ruangan kemudi terbaik, baik dari ukuran kursi dan kabin serta penempatan instrumen pengontrol dan layar pemantau yang dapat mengakomodasi postur kerja masinis agar terhindar dari WMSDs. Penelitian dilakukan dengan menganalisis resiko postur pengemudi dengan metode Quick Exposure Check (QEC). Berdasarkan hasil perhitungan total skor akhir eksposur dan level tindakan yang diperoleh dari sampel yang bekerja ruang kemudi masinis masih beragam dan semua hasil level tindakan yang diperoleh menunjukkan 58 masinis mengalami eksposur level 3 dengan tindakan yang perlu dilakukan ialah tindakan dalam waktu dekat yang berarti tindakan perlu dilakukan secepatnya dan 2 masinis mengalami eksposur level 4 dengan tindakan yang perlu dilakukan ialah diperlukan tindakan sekarang juga.
References
Bridger, R.S. 1995, Introduction to Ergonomics, McGraw-Hill, Singapura
Erlangga, Djodi. 2017, Usulan Perancangan Kabin Masinis KRL Commuter Line yang Ergonomis Menggunakan Metode Virtual Environment. Skripsi Mahasiswa Teknik Industri UPN “Veteran” Jakarta.
Li, G. dan Buckle, P. 1998, A Practical Method For The Assesment Of Work: Related Musculoskeletal Risks, Taylor & Francis, Chicago
Stevenson, M.G. 1989, Principles Of Ergonomics, Center for Safety Science-
University Of NSW, Australia
Nurmianto, Eko 1991, Ergonomi, konsep dasar & aplikasinya, Guna Widya, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Journal Bina Teknika grants open acces to all of its content, based on that matter makes all research papers published are freely available to public which ensures greater global excchange of knowledge
Journal Bina Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Refers to these license, all research papers agree to the following terms:
- Attribution - Authors holds the credit of their research works published, in order to use materials from one or more research papers published in Bina Teknika should be given appropriate credit
- Non Commercial - All research papers published in Bina Teknika may not use for commercial purposes
- Share Alike - Any creation made under one or more concepts from research papers published in Bina Teknika should be distribute your contributions under the same license as original