ANALISIS TEGANGAN CONNECTING ROD PADA MOBIL TIPE X DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMERIK
DOI:
https://doi.org/10.54378/bt.v13i2.217Keywords:
connecting rod, analisis tegangan von mises, metode elemen hingga, solidworks 2014Abstract
Kemajuan teknologi sekarang ini telah menghasilkan berbagai kreasi dalam segala hal yang bertujuan memudahkan segala aktifitas manusia. Ada berbagai sarana transportasi tersedia, mulai dari darat, udara, dan laut. Kendaraan yang diproduksi massal di negara kita umumnya kendaraan darat, salah satunya adalah kendaraan roda empat yaitu mobil.
Connecting rod merupakan komponen mesin yang berperan untuk mengubah gerakan resiprok (maju mundur/turun naik) piston menjadi gerakan berputar (rotary) pada poros engkol. Dalam tugas akhir ini, menganalisa distribusi tegangan connecting rodpada mobil dengan menggunakan metode elemen hingga.Connecting rod yang dianalisa adalah connecting rodmobil dengan 1500 CC. Adapun material dari connecting rod ini ialah AISI 1045 cold drawn dengan kekuatan luluh (σy) sebesar530 N/mm2.
Tujuan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa tegangan yang terjadi pada connecting rod setelah dipengaruhi oleh tekanan statis. Setelah itu mencari nilai tegangan Von Mises yaitu tegangan maksimun dan tegangan minimum untuk mengetahui connecting rod ini dalam keadaan aman atau tidak dengan bantuan dari software Solidworks 2014. Setelah dilakukan analisa didapat bahwa tegangan Von Mises maksimum yang terjadi yaitu sebesar 39,74332 N/mm2 dan tegangan Von Misesminimum yang terjadi yaitu sebesar 0,00169 N/mm2. Dari hasil tersebut dapat dilihat nilai tegangan Von Mises berada di bawah batas izin tegangan yield material baja AISI 1045 sehingga connecting rod ini dapat dikatakan dalam keadaan aman.
References
Abidin, Zainal. 2015. Analisis Tegangan dan Defleksi Pada Connecting Rod Sepeda Motor 100cc. Sumatera Selatan: Universitas Sriwijaya.
Brooks, Charlie R. Choudhury , Ashok. 2008. Failure Analysis of Engineering Materials. McGraw-Hill.
Engine Mechanical Manual Book ESM Nissan March MY13.
Engine Mechanical Manual Book. 2009. PT. Nissan Motor Indonesia.
Hamrock, B.J., Jacobson, Bo dan Schmid, S.R. 1999. Fundamentals Of Macjine Elements. Singapore: McGraw-Hill.
H.S, Hendry. 2011. Pengetahuan Bahan dan Teknik.
Iremonger, MJ. 1990. Dasar Analisis Tegangan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Khovakh, M. 1979. MotorVehicle Engines. Moscow:MIR Publisher.
Laintarawan I Putu, Nyoman Suta dan Wayan Artana. 2009. Buku Ajar Elemen Hingga. Denpasar: Universitas Hindu Indonesia.
New Step 1 Manual Book Toyota Astra Motor
Nurdiyansyah, Rendy. 2012. Tegangan Pada Connecting Rod. Semarang: Universitas Diponegoro.
Petrovsky, M. 1973. Marine Internal Combustion Engine. Moscow: MIR Publisher.
Professor Olek Zienkiewicz: Founder of Finite Element Method.
R. S. Khurmi dan J. K. Gupta. 2005. A Text Book Of Machine Design. India: Eurasia Publishing House.
Shigley Joseph E, Mitchell Larry D, Harahap Gandhi. 1984. Perencanaan Teknik Mesin, Edisi ke empat, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sukatio, Yerri Ir. MT. 2004. Dasar-Dasar Metode Elemen Hingga. Yogyakarta: Andi.
Matweb Material Property Data.http://matweb.com
Widiajaya. 2012. Perancangan dan Pengembangan Connecting Rod dan Crankshaft Mesin Otto Satu Silinder Empat Langkah Berkapasitas 65 CC. Jakarta: Universitas Indonesia.
Computer Program Solidworks 2014 Versi SP 2.0
Downloads
Published
Issue
Section
License
Journal Bina Teknika grants open acces to all of its content, based on that matter makes all research papers published are freely available to public which ensures greater global excchange of knowledge
Journal Bina Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Refers to these license, all research papers agree to the following terms:
- Attribution - Authors holds the credit of their research works published, in order to use materials from one or more research papers published in Bina Teknika should be given appropriate credit
- Non Commercial - All research papers published in Bina Teknika may not use for commercial purposes
- Share Alike - Any creation made under one or more concepts from research papers published in Bina Teknika should be distribute your contributions under the same license as original