HUBUNGAN FAKTOR DEMOGRAFI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN DEPRESI PASCASALIN

Nurfatimah Nurfatimah, Cristina Entoh

Sari


Depresi pascasalin adalah gangguan mental yang terjadi pada pascasalin dan dapat berlangsung sampai satu tahun. Gangguan mood pada ibu pascasalin bukan persoalan yang mudah. Dampaknya bisa memporakporandakan kehidupan ibu dan anaknya. Saat ini masih banyak ibu yang mengalami depresi pascasalin tetapi belum terdeteksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara faktor demografi dan dukungan sosial dengan depresi pascasalin di wilayah kerja Puskesmas Kayamanya.

      Desain dalam penelitian ini adalah cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 56 responden yang diikuti mulai dari awal kelahiran sampai 7 hari pascasalin. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik consequtive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS) dan kuesioner social support yang sudah baku.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur tidak berhubungan secara signifikan dengan depresi pascasalin (p=0,514) dan pendidikan (p=0,154), sedangkan paritas (p=0,012), status ekonomi (p=0,030), dukungan sosial meliputi keluarga (p=0,035), teman (p=0,017), dan bidan (p=0,005) yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Analisis multivariat menunjukkan bahwa dukungan bidan (wald=4,236; p=0,040) merupakan faktor yang paling dominan berhubungan dengan depresi pascasalin.

Kata Kunci: faktor demografi, dukungan sosial, depresi pascasalin


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 


Gedung Wahidin Sudirohusodo, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan

Phone: 021-7656904 ; Fax: 021-7692860