URGENSI PROFITABILITAS DALAM PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN SEKTOR TELEKOMUNIKASI

Authors

  • Bramasta Dafa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59664/vemar.v2i1.6269

Abstract

This study aims to gain an understanding of the impact of Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), and Return on Investment (ROI) on firm value. The object of research is companies in the telecommunications sector listed on the Jakarta Islamic Index - 70 (JII70). Samples were taken using Purposive Sampling method from six companies in the telecommunications sector listed in JII70 in the period 2018 to 2022. This study uses a quantitative method with a panel data regression analysis approach. The research findings show that partially, NPM has no significant effect on firm value, ROE has a significant effect on firm value, and ROI has a significant effect on firm value. Together, the three variables have an influence on firm value.

Keyword: NPM; ROE; ROI; Firm Value

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang dampak Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE), dan Return On Investment (ROI) terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian adalah perusahaan di sektor telekomunikasi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index - 70 (JII70). Sampel diambil menggunakan metode Purposive Sampling dari enam perusahaan di sektor telekomunikasi yang terdaftar di JII70 dalam periode 2018 hingga 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi data panel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, NPM tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, ROE memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ROI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara bersama-sama, ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: NPM; ROE; ROI; Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel