DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL MAHASISWA JABODETABEK DENGAN LABEL HALAL SEBAGAI MEDIATOR
DOI:
https://doi.org/10.59664/vemar.v2i1.6228Abstract
This research aims to analyze the factors that influence purchasing decisions mediated by halal labels when purchasing halal food among students in Jabodetabek. This research took a sample of 160 respondents. This research uses a data collection method with primary data through questionnaires or online surveys with a purposive sampling method. The analysis method in this research uses the Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS). The results of this research show that religiosity, taste, price, location and halal label have an influence on the decision to purchase halal food. Religiosity, taste, price, and location have an influence on purchasing decisions. And religiosity has an influence on purchasing decisions which are mediated by the halal label. Taste, price, and location have no influence on purchasing decisions mediated by the halal label. It is hoped that with this research, students will pay more attention to the halalness of food before buying
Keywords: Taste; Price; Purchase Decision; Halal Label; Location; Religiosity
Abstrak
Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang harus didahulukan, karena tubuh kita butuh asupan dan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Rumah makan di Jabodetabek terbilang cukup banyak, oleh karena itu perlu memperhatikan kehalalan produk. Untuk menjaga kekhawatiran mahasiswa dalam membeli makanan halal maka perlu adanya pemahaman mengenai label halal pada rumah makan yang menjual produk halal dan haram. Penelitian bertujuan untuk menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang dimediasi oleh label halal pada pembelian makanan halal pada mahasiswa di Jabodetabek. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 160 responden. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan data primer melalui kuesioner atau online survey dengan metode purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil nila r-square adjusted pada penelitian ini yaitu 0,733 atau 73,3% untuk keputusan pembelian dan 0,863 atau 86,3% untuk label halal. Hasil pada penelitian ini yaitu religiusitas, cita rasa, harga, lokasi dan label halal memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal. Religiusitas, Cita Rasa, Harga, dan Lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan religiusitas memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh label halal. Cita Rasa, harga dan lokasi tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh label halal. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, agar mahasiswa lebih memperhatikan kehalalan suatu makanan sebelum membeli.
Kata kunci: Cita Rasa; Harga; Keputusan Pembelian; Label Halal; Lokasi; Religiusitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faizi Faizi, Dewi Amalia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.