FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBAYAR ZIS MENGGUNAKAN GOPAY

Authors

  • Muhammad Fadhil Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lili Puspita Sari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59664/vemar.v1i1.4829

Abstract

 

The collection of ZIS through GoPay has increased significantly when compared to the collection from previous years, which can be seen from the public interest in donating, especially ZIS, which remains high despite the economic crisis in Indonesia. This study aims to analyze the factors that influence the interest in paying ZIS using electronic money through GoPay. This study uses quantitative research methods with the research population, namely the Jabodetabek people who have paid ZIS through GoPay. The data collection method used primary data in the form of a questionnaire. The sampling technique used purposive sampling technique with the number of respondents as many as 100 people who were taken using the Lemeshow formula. The data obtained were then analyzed using descriptive statistical analysis, validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression, and hypothesis testing. From the results of the study, it was found that there was a significant positive effect between the variables of brand awareness and religiosity partially on interest in paying ZIS using GoPay, but easiness had no effect. Simultaneously, the variables of easiness, brand awareness, and religiosity have a significant influence on the interest in paying ZIS using GoPay.

Keywords: Brand Awareness, Easiness, and Religiosity


Abstrak

Penghimpunan ZIS melalui GoPay mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan penghimpunan dari tahun-tahun sebelumnya yang dapat dilihat dari minat masyarakat untuk berdonasi khususnya ZIS tetap tinggi meskipun krisis ekonomi terjadi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat membayar ZIS menggunakan uang elektronik melalui GoPay. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu masyarakat Jabodetabek yang pernah membayar ZIS melalui GoPay. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan rumus lemeshow. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ditemukan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara variabel kesadaran merek dan religiusitas secara parsial terhadap minat membayar ZIS menggunakan GoPay, namun kemudahan tidak berpengaruh. Secara simultan variabel kemudahan, kesadaran merek, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membayar ZIS menggunakan GoPay.

 

Kata Kunci: Kemudahan; Kesadaran Merek; Religiusitas


References

Aji, H. M., Albari, A., Muthohar, M., Sumadi, S., Sigit, M., Muslichah, I., & Hidayat, A. (2021). Investigating the determinants of online infaq intention during the COVID-19 pandemic: an insight from Indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.1108/JIABR-05-2020-0136

Aristiana, M., Waluyo, B., & Muchtasib, A. B. (2019). THE Factors that Influence People Interest in Using a Digital Platform as a ZIS Payment (Case Study Go-Pay). International Conference of Zakat, 2017, 50–59. https://doi.org/10.37706/iconz.2019.156

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 2, 127.

Bank Indonesia. (2020). APA ITU UANG ELEKTRONIK. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/249008

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Budiman, & Joki, L. (2010). Brand Equity Ten : Strategy Memimpin Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Fachry, M. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur. 1(1), 11–20.

Faridho, M. Al, & Rini, D. W. S. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Masyarakat Terhadap Sikap Dan Minat Sedekah Menggunakan Pembayaran Non Tunai. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 40. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7830

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Glock, C. Y., & Stark, R. (1965). Religion and Society in Tension. Rand McNally.

GoPay. (2019). Bayar Zakat Online Pakai GoPay Lewat GoBills Lebih Gampang. https://www.gojek.com/blog/gopay/bayar-zakat-online/

Hendarsyah, D. (2016). Penggunaan Uang Elektronik Dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai Di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v5i1.74

Hosfiar, C. R., Astuti, M., & Iswanto, A. H. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan E-Wom Terhadap Minat Beli Obat Jamu Masuk Angin Bejo Jahe Merah Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10), 4920. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4351

HUMAS BAZNAS. (2021a). Masa Pandemi 2020, Penghimpunan BAZNAS Naik 30 Persen. https://baznas.go.id/Press_Release/baca/Masa_Pandemi_2020,_Penghimpunan_BAZNAS_Naik_30_Persen/689

HUMAS BAZNAS. (2021b). Target Kumpulkan Dana 503 Miliar, BAZNAS & GoPay Kolaborasi untuk Sukseskan Gerakan Cinta Zakat. https://baznas.go.id/Press_Release/baca/Target_Kumpulkan_Dana_503_Miliar,_BAZNAS_&_GoPay_Kolaborasi_untuk_Sukseskan_Gerakan_Cinta_Zakat/779

Ichwan, A., & Ghofur, R. A. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1011

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset.

Katadata. (2022). Riset: OVO Paling Banyak Digunakan di 2021, Kalahkan GoPay – ShopeePay. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61de64e13a3cd/riset-ovo-paling-banyak-digunakan-di-2021-kalahkan-gopay-shopeepay

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 -13/E (13th ed.). Erlangga.

LIPI. (2020). Survei Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Rumah Tangga Indonesia. http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-ekonomi-rumah-tangga-indonesia/22123

Puskas BAZNAS. (2022). Outlook Zakat Indonesia 2022. https://puskasbaznas.com/publications/outlook/indonesia-zakat-outlook-2022

Rohim, A. N. (2019). Optimalisasi Penghimpunan Zakat Melalui Digital Fundraising. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 59. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1556

Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 178–190.

Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Prenada Media.

Shimp, T. . (2010). Advertising, Promotion, & other aspects of Integrated Marketing Communication, 8th Edition. Cengage Learning.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel