ANALISIS KLAIM PASIEN COVID-19 PADA PRODUK MiSMART HEALTH CARE SYARIAH MANULIFE INDONESIA

Authors

  • Annisya Nuriva Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Mira Rahmi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59664/vemar.v1i1.4828

Abstract

MiSmart Health Care Syariah product claims have 4 stages, namely notification, proof of documents, investigation, and payment of claims. The implementation of Covid-19 patient claims on MiSmart Health Care Syariah products is also in accordance with Fatwa No.21/DSN-MUI/X/2001, namely Claims are paid according to the amount agreed at the beginning of the contract, Manulife Indonesia pays claims according to the premium amount, Manulife Indonesia is located as a fund manager (mudharib) for premiums paid by insurance participants while the customer is the owner of the money (shohibul mal) and fulfills its obligations by approving every claim submitted by the customer in accordance with the provisions of the policy, while according to POJK No.69/POJK.05 /2016, namely Manulife Indonesia makes payment of claims for Covid-19 patients in no more than 14 days, in collaboration with Admedika as an assessor and investigation of claims administration, submission of proof of claim documents in accordance with existing regulations and payment of claims will be made by the finance department of Manulife Indonesia. 

 

Keywords: Claims; Covid-19; Sharia Insurance

 

Abstrak

Klaim produk MiSmart Health Care Syariah terdapat 4 tahap, yaitu pemberitahuan, bukti dokumen, penyelidikan, dan pembayaran klaim. Pelaksanaan klaim pasien Covid-19 pada produk MiSmart Health Care Syariah juga telah sesuai dengan Fatwa No.21/DSN-MUI/X/2001, yaitu klaim dibayarkan sesuai dengan jumlah yang disepakati dalam awal akad, Manulife Indonesia membayarkan klaim sesuai dengan besaran premi, Manulife Indonesia berkedudukan sebagai pengelola dana (mudharib) atas uang premi yang dibayarkan peserta asuransi sementara nasabah berkedudukan sebagai pemilik uang (shohibul mal) dan memenuhi kewajibannya dengan menyetujui setiap klaim yang diajukan nasabah sesuai dengan ketentuan polis, sedangkan menurut POJK No.69/POJK.05/2016 yaitu Manulife Indonesia melakukan pembayaran klaim pasien Covid-19 tidak lebih dari 14 hari, bekerjasama dengan Admedika sebagai penilai dan penyelidikan administrasi klaim, penyerahan bukti dokumen klaim sesuai ketentuan yang ada dan Pembayaran klaim akan dilakukan oleh bagian keuangan dari pihak Manulife Indonesia.

Kata Kunci: Asuransi Syariah; Covid-19; Klaim.

References

Ajib, M. (2019). Asuransi Syariah (A. Husna (Ed.); 1st ed.). Lentera Islam.

Andri Soemitra, M. . (2010). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Kencana Prenada Media Group.

Ardila, L., & Pramudyastuti, O. L. (2020). Evaluasi Prosedur Pelaksanaan Klaim Asuransi Public Liability Pada PT Jasaraharja Putera Magelang. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 120–126. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1285

Bogdan, Robert, & Taylor, S. (1992). Pengantar Metode Kualitatif. Usaha Nasional.

covid19.go.id. (n.d.). TENTANG COVID-19. Retrieved March 23, 2022, from https://covid19.go.id/tentang-covid-19

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (K. Vicky (Ed.); 4th ed.). SAGE Publications.

Dhanistha, A. N., & Djuwityastuti. (2019). PROSES PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR BAGI TERTANGGUNG (Studi di Brins General Insurance Cabang Yogyakarta). Jurnal Privat Law, 7(1), 130. https://doi.org/10.20961/privat.v7i1.30142

DSN-MUI. (2006). FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO: 52/DSN-MUI/III/2006 Tentang AKAD WAKALAH BIL UJRAH PADA ASURANSI SYARI’AH DAN REASURANSI SYARI’AH. https://drive.google.com/file/d/0BxTl-lNihFyzYzRwN0xTLUx0cVU/view

Fatwa Dewan Syariah Nasional. (2012). FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO: 86/DSN-MUIIXIII2012 Tentang HADIAH DALAM PENGHIMPUNAN DANA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. In Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia.

Gebert Persson, S., Gidhagen, M., Sallis, J. E., & Lundberg, H. (2019). Online insurance claims: when more than trust matters. International Journal of Bank Marketing, 37(2), 579–594. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2018-0024

Hardi, E. A. (2016). Studi Komparatif Takaful Dan Asuransi Konvensional. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(2), 422. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i2.1504

Hasanah, R., Hamdani, I., & Hakiem, H. (2018). Tinjauan Terhadap Proses Klaim Asuransi Jiwa Kumpulan Pada PT. Asuransi Syariah Keluarga Indonesis. Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 211–225. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei/article/view/1672

Insight.kontan.co.id. (2021). Hingga Maret, Total Klaim Covid-19 Manulife Tembus Rp 181,6 Miliar. https://insight.kontan.co.id/news/hingga-maret-total-klaim-covid-19-manulife-tembus-rp-1816-miliar

Irkhami, N. (2020). Asuransi Takaful Di Indonesia Menelisik Aspek Shariah Compliance (S. Nurachma (Ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

Ismanto, K. (2016). Asuransi Perspektif Maqasid Asy-syariah. Pustaka Pelajar.

Ivana, D. B., & Suryono, A. (2018). Pelaksanaan Penyelesaian Klaim Asuransi Unit Link Bancassurance Di Pt. Astra Aviva Life. PRIVAT LAW, 6(1), 165–176.

J.Moleong, & Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Kadariah, S., & Andriani, A. (2020). Analisis Klaim Asuransi Di Pt. Prudential Syariah Cabang Kota Medan Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Al-Qasd Islamic …, 2(2), 206–212. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/AL-QASD/article/view/1093

Kriyantono, R. (2006). Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Lastina, M., Hanifah, M., & Hendra, R. (2016). PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI JIWA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE/PRU AINI PEMATANG SIANTAR TERKAIT BATAS WAKTU PENGAJUAN KLAIM. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Hukum, 85(1), 2071–2079.

Manulife Indonesia.co.id. (n.d.). Tentang Manulife. Manulife Indonesia.

Moharram, B. (2019). Multi-dimensional Approaches to Anomaly Detection: A Study of Insurance Claims*. Rutgers Studies in Accounting Analytics: Audit Analytics in the Financial Industry, 111–144. https://doi.org/10.1108/978-1-78743-085-320191008

MUI, D. (2001). Pedoman Umum Asuransi Syari’ah. In Mui.

Nastiti, A. G., & Fadilla. (2018). PROSEDUR PENYELESAIKAN KLAIM ASURANSI TAKAFUL DANA PENDIDIKAN (FULKANDI) PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG PALEMBANG. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 4, 17–28.

Nehring, R., Barton, R., Hallahan, C., Nehring, R., Barton, R., & Hallahan, C. (2016). Mobile claim management adoption in emerging insurance markets: an exploratory study in Thailand. International Journal of Bank Marketing, 34(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/IJBM-04-2015-0063

Ningrum, F. S., Lestari, T., Mitra, S., & Karanganyar, H. (2017). Tinjauan Pelaksanaan Prosedur Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Ejurnal.Stikesmhk.Ac.Id, 1, 11. https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/index.php/rm/article/view/651

OJK. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Penyelenggara Usaha Asuransi. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/asuransi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-tentang-Penyelenggaraan-Usaha-Perusahaan-Asuransi,-Perusahaan-Asuransi-Syariah,-Perusahaan-Reasuransi.-/SAL - POJK Penyelenggaraan Usaha PA PAS PR PRS .pdf

Pratama, W. P. (2021). Virus Corona Bikin Masyarakat Makin Sadar Pentingnya Asuransi. Finansial.Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20210203/215/1351945/virus-corona-bikin-masyarakat-makin-sadar-pentingnya-asuransi

Rohmawati, A. A., Diba, F., & Saepudin, D. (2017). Pemodelan dan Simulasi Peluang Kebangkrutan Perusahaan Asuransi dengan Analisis Nilai Premi dan Ukuran Klaim Berdistribusi Eksponensial. EProceedings of Engineering, 2, 1–10. https://doi.org/10.21108/indojc.2017.22.147

Samiaji, S. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Indeks Jakarta.

Statistik IKNB Syariah Periode 2016-2021. (n.d.). Otoritas Jasa Keuangan. Retrieved April 2, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/iknb-syariah/Pages/Statistik-IKNB-Syariah-Periode-Desember-2021.aspx

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah. Gema Insani.

Sumarauw, M. F. (2013). Evaluasi Sistem Dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan Pada Pt. Askes (Persero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 8.

Suparni, E. (2018). Pelaksanaan Klaim Asuransi Pada Asuransi Bumiputera 1912. Widya Cipta, II(1), 127. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/3033/2044

Zahara, H., Rahmi, D. A., & Susanti, A. S. (2021). Analisis Prosedur Klaim Asuransi Jaminan Kesehatan Nasional Pasien Rawat Inap RSUD Lembang. Jurnal Health Sains, 2(7). https://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/219

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel