PENGARUH STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, CITRA MEREK, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HITO COFFEE BEKASI

Authors

  • Humam Hanif Nasution Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nobelson Nobelson Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59664/vemar.v1i1.4826

Abstract

Abstract

 

This study aims to determine and analyze the effect of Instagram's social media promotion strategy, brand image, lifestyle on purchasing decisions for Hito Coffee Bekasi products. This research method uses quantitative methods with 75 consumers of Hito Coffee respondents in Bekasi with purposive sampling technique. The data analysis technique was taken through a questionnaire with descriptive data analysis techniques then tested for validity and reliability then continued with hypothesis testing using SmartPLS 3.0. Hypothesis testing in this study used the analysis of the inner model, outer model, and t-statistical test with a significance level of 5% (0.05). The results showed that (1) the Instagram social media promotion strategy variable had a positive and significant effect on purchasing decisions (2) the brand image variable had a positive and significant effect on purchasing decisions (3) the lifestyle variable had no significant effect on purchasing decisions.

 

Keywords : Instagram Social Media Promotion Strategies; Brand Image; Lifestyle; Purchase Decision

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi promosi media sosial Instagram, citra merek, gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Hito Coffee Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 75 responden konsumen Hito Coffee di Bekasi dengan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data diambil melalui kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan SmartPLS 3.0. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis inner model, outer model, dan uji t-statistik dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel strategi promosi media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) variabel gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Strategi Promosi Media Sosial Instagram; Citra Merek; Gaya

References

Databoks.katadata.co.id. (2022) Produksi Kopi Indonesia Naik Jadi 774,60 Ribu TonJpada.2021…www.databoks.katadata.co.id..https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/09/produksi-kopi-indonesia-naik-jadi-77460-ribu-ton-pada-2021

Ervina, V. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Merek Moola Pedawa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Ferdinand, A. (2014). Metodologi pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan disertasi ilmu manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternative dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: BP. Undip. ISSN 2289, 1560

Kotler, P. T., & Armstrong, G. S. (2017). Principles of Marketing, 17th Global Edition.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Boston: Pearson Education Limited; 15th edition.

Pribadi, J., & Magdalena, M. (2020). Pengaruh Brand Image, Instagram Advertising Media Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Di Blend Coffee Padang.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2013). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia.

Swa.co.id. (2019) Pertumbuhan Bisnis Kedai Kopi. www.swa.co.id. https://swa.co.id/swa/trends/pertumbuhan-bisnis-kedai-kopi

Wiranata, A. (2021). Analisis Brand Image, Cita Rasa, Harga dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kelana Kopi (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.

Wuryanti, L., & Zahara, Y. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Konsep Diri, Harga Dan Kelas Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Di Coffeshop Kedai Kopi Pacar Hitam Lampung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 1-9.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel