Determinasi Indeks Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Perekonomian Indonesia

Authors

  • Tias Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • desmintari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59664/vemar.v4i1.12463

Abstract

This study aims to look at the effect of consumer confidence index on interest rates, economic growth, IHSG, and exchange rates in Indonesia. This study uses secondary data with a quarterly period of 2005-2022 obtained through the Central Bureau of Statistics, Bank Indonesia, the Financial Services Authority, and the Indonesia Stock Exchange. The test results using Autoregressive Distributed Lag (ARDL) that (i) interest rates have no long-term influence but short-term influence on the consumer confidence index in Indonesia, (ii) economic growth has a long-term influence but no short-term influence on the consumer confidence index in Indonesia, (iii) IHSG has a long-term and short-term influence on the consumer confidence index in Indonesia, and (iv) the exchange rate has a long-term influence but no short-term influence on the consumer confidence index in Indonesia.

Keywords: Consumer Confidence Index, Interest Rate, Economic Growth, IHSG, Exchange Rate.

 

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh indeks keyakinan konsumen terhadap suku bunga, pertumbuhan ekonomi, IHSG, dan nilai tukar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan periode triwulan tahun 2005-2022 yang diperoleh melalui Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian menggunakan Autoregressive Distributed Lag (ARDL) bahwa (i) suku bunga tidak memiliki pengaruh secara jangka panjang tetapi berpengaruh secara jangka pendek terhadap indeks keyakinan konsumen di Indonesia, (ii) pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh jangka panjang tetapi tidak memiliki pengaruh secara jangka pendek terhadap indeks keyakinan konsumen di Indonesia, (iii) IHSG memiliki pengaruh secara jangka panjang dan jangka pendek terhadap indeks keyakinan konsumen di Indonesia, dan (iv) nilai tukar memiliki pengaruh secara jangka panjang tetapi tidak memiliki pengaruh secara jangka pendek terhadap indeks keyakinan konsumen di Indonesia.

Kata kunci: Indeks Keyakinan Konsumen, Suku Bunga, Pertumbuhan Ekonomi, IHSG, Nilai.

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Artikel