Persiapan sertifikasi halal kantin UIN Alauddin untuk mendukung zona kuliner halal, aman dan sehat (khas) indonesia
PDF (BAHASA INDONESIA)

Keywords

#halalfood
#thayyib
#canteen

How to Cite

muthiadin, cut. (2023). Persiapan sertifikasi halal kantin UIN Alauddin untuk mendukung zona kuliner halal, aman dan sehat (khas) indonesia. SEGARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.33533/segara.v2i1.7686

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pemahaman tentang jaminan produk halal khususya makanan yang disajikan di kantin UIN Alauddin Makassar sekaligus melakukan observasi terhadap tingkat pemahaman peserta terhadap halal dan sanitasi higienitas makanan. Pengguna dalam hal ini konsumen pun juga diikutkan untuk memperoleh data kepuasan terhadap kebersihan kantin. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantin lapangan UIN Alauddin, pada hari Rabu, 21-22 Desember 2023. Metode berupa survey (kuisioner) terhadap penyaji kantin dan pemilik kantin, serta pengguna (konsumen) , di Kantin lapangan UIN. Kegiatan ini berkoordinasi dengan LPH dan Pusat Pengembangan Bisnis UIN Alauddin dalam hal ini sebagai penyedia jasa kantin-kantin di lingkup UIN Alauddin. Hasil Survey dan lembar observasi pun menjadi rujukan untuk tindak lanjut kegiatan workshop yang akan dilakukan dengan menghadirkan pemilik kantin serta pemasok ayam yang dipilih untuk dijadikan peserta berdasarkan isian lembar observasi pemilik kantin. Luaran yang diharapakan dari kegiatan ini, diperoleh kondisi terkini di kantin UIN Alauddin, dan diharapkan setelah mendapat sosialisasi ini kesadaran pemilik/penyaji makanan yang halal thoyyib semakin baik.

https://doi.org/10.33533/segara.v2i1.7686
PDF (BAHASA INDONESIA)

References

Aditia, L., Muthiadin, C, 2015. Uji Kualitas Mikrobiologis Pada Makanan Jajanan di Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Biogenesis. Vol 3, No. 2, Desember 2015, hal 119-123

Bonne, Karijn et Wim Verbeke (2006). Muslim consumer’s motivations towards meat consumption in Belgium: qualitative exploratory insights from means-end chain analysis, http://aof.revues.org/document90.html

Kustipia, R, Suparjo, A , Sriastuti, M. Penerapan Edukasi Kantin Sekolah BERHAZI (Beragam-Halal-Bergizi) di Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional Halal Awareness 2017

Hassan, W.M ., Awang, K.W. Halal Food in New Zealand Restaurants: An Exploratory Study Int. Journal of Economics and Management 3(2): 385 – 402 (2009)

Hendradewi, S., Darsiah, A., Mustika, A., & Habibie, F.H. (2020). Halal Awareness toward the Interest In Buying Foreign Food Product: A Case Study in Korean Instant Noodles Purchases by School teenagers in Jakarta.

Ma’rifat, T.N , Ismoyowati, D., Wikarta, J.M. 2015. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Ayam Bersertifikat Halal di Provinsi D.I Yogyakarta. Prosiding Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI

Nurjannah, 2006. Makanan Halal dan Penyembelihan secara Islami (suatu Bimbingan bagi masyarakat Muslim). APLIKASI, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama , Vol. VII, No.2. hal. 145-157.

Pratama, A.R., & Wahyuddin, M. (2019). Penentu Niat Beli Makanan Cepat Saji pada Muslim Milenial: Peran Religiosity sebagai Variabel Moderasi.

Putri, M.J., & Rimadias, S. (2020). ANALISIS ASPEK PENENTU NIAT KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK HALAL DI INDONESIA (TELAAH PADA MIE RAMEN JEPANG HALAL).

Riski, B., Harahap, N., & Ridwan, M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Label Halal, Harga Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim (Studi Kasus Pada Cemilan Makanan Olahan UD. Rezeki Baru Kecamatan Medan Denai).

Santosa, S.G., & Rizaldy, M.R. (2022). THE EFFECT OF HALAL AWARENESS, RELIGIOSITY, PRODUCT INGREDIENTS KNOWLEDGE, AND HALAL CERTIFICATION ON THE PURCHASE DECISION OF HALAL FAST FOOD.

Shafie S, Othman N Md, (2006). Halal Certification: an international marketing issues and challenges. http://www.ctwcongress.de/ifsam/download/track_13/pap00226. pdf. Diakses pada 14 November 2009.

Soesilowati, Endang S (2009). Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global: Perilaku Konsumen Muslim dalam Konsumsi Makanan Halal. Jakarta: P2E-LIPI

Qardhawi, Yusuf. Halal dan Haram dalam Islam, Surabaya : P.T. Bina Ilmu, 2000

Wening, R.R., Widodasih, K., Putri, R.E., Sbr, K., Studi, P., Manajemen, U.P., Bangsa, P., Kunci, K., Harga, Pembelian, K., & Promosi, K.P. (2023). The Effect of Price, Product Quality and Promotion on Purchasing Decisions at UMKM Baso Aci Mba Pit in Jonggol. Formosa Journal of Multidisciplinary Research