Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan User Interface Aplikasi PPSU DKI Jakarta Berbasis Mobile

Penulis

  • Veronika Trinovianti
  • Ati Zaidiah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstrak

PPSU DKI Jakarta adalah sebuah unit kerja yang menangani jalan, saluran, taman dan kebersihan di tingkat kelurahan. Kelurahan Bambu Apus memiliki 79 anggota PPSU yang aktif bekerja di bawah koordinasi Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan. Setiap petugas perlu mengumpulkan laporan kinerja harian di akhir waktu kerja melalui google form yang belum terkategorisasi dan belum memiliki standar khusus sehingga menimbulkan permasalahan saat pembentukan laporan lanjutan yang diperlukan untuk dikirimkan ke tingkat kecamatan dan kota. Pada penelitian ini dirancangkan user interface dengan metode design thinking untuk aplikasi berbasis mobile yang memiliki empat fitur utama yang dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna. Metode design thinking diterapkan sebagai kerangka berpikir pada penelitian ini dan diimplementasikan dari awal pengumpulan data hingga penarikan kesimpulan sehingga user interface yang dirancangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adapun rancangan user interface hasil penelitian ini telah diujikan dengan metode usability testing yang mendapat hasil penyelesaian fitur utama pelaporan selama 77.4 detik dan pengukuran penilaiannya dengan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang memperoleh nilai 79.46 dengan kategori acceptable

 

Biografi Penulis

Veronika Trinovianti

 

 

Ati Zaidiah, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

 

 

Referensi

Anggitama, D. R. (2018). Evaluasi dan Perancangan User interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezypay. Universitas Brawijaya.

Barnum, C. M. (2020). Usability Testing Essentials: Ready, Set ... Test! (Second). Morgan Kaufmann.

Fariyanto, F., Suaidah, & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2.

Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. AARUS Journal of Engineering and Technology, 1.

Sumantoro, T. (2018). PERANCANGAN APLIKASI PELAPORAN PEKERJA PENANGANAN PRASARANA DAN SARANA UMUM (PPSU) PADA KELURAHAN DI PEMPROV DKI JAKARTA BERBASIS ANDROID. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30