ANALISIS USER EXPERIENCE DAN REDESIGN ANTARMUKA WEBSITE ELSAM DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Penulis

  • Alifia Laksita Maheswari
  • Krisnanik Krisnanik Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/jsia.v1i1.5888

Abstrak

ELSAM ialah suatu lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam websitenya, ELSAM memiliki peranan utama sebagai wadah bagi masyarakat indonesia untuk mengetahui ilmu serta mengawal isu HAM yang ada, pada website ini masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi publikasi terkait riset atau kajian HAM. Suatu website dapat dikatakan baik tidak hanya dari sisi bagaimana tampilan yang ditunjukkan, tetapi bagaimana sebuah website dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pengguna. Pengguna akan mengakses kembali suatu website apabila website tersebut sudah memenuhi ekspektasi yang diharapkan, dan sampai saat ini belum pernah dilakukan analisis untuk website ELSAM. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penilaian pengguna terhadap user experience website ELSAM. Dalam penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan bantuan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai tools pengukuran user experience. Luaran dari penelitian ini berupa saran tampilan antarmuka baru berbentuk prototype yang dapat dijadikan acuan ELSAM dalam mengembangkan websitenya.

 

Biografi Penulis

Alifia Laksita Maheswari

 

 

 

Krisnanik Krisnanik, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

 

 

Referensi

A. Putra, “Interpretasi Hak Asasi Manusia dalam Ideologi Pancasila dan Implikasinya Terhadap Persatuan dan Kesatuan di Indonesia,” J. HAM, vol. 13, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.30641/ham.2022.13.1-14.

I. Arief, A. Muluk, A. S. Indrapriyatna, and M. Falevy, “Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 6, pp. 1052–1061, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i6.3532.

G. W. Serbiadventa, M. Bezaleel, and J. Prestiliano, “IT-EXPLORE,” vol. 02, pp. 30–47, 2023.

Y. Sari, M. Arafah, and Novitasari, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Experience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 247–253, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i2.3022.

M. Multazam, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design,” Univ. Islam Indones., vol. 1, p. 8, 2020.

W. Marta, “Jurnal Desain Komunikasi Kreatif,” vol. 1, no. 2, pp. 10–12, 2019, doi: 10.35134/judikatif.v131.1.

ISO 9241-210, “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems,” Int. Stand., vol. 2, pp. 1–33, 2019, [Online]. Available: https://www.iso.org/standard/77520.html.

M. Azhar Abdillah, “Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan User Interface Pada Website Surabaya Mengaji Menggunakan Metode Design Sprint,” 2019.

Unduhan

Diterbitkan

09/30/2023