Analisis Strategi Bisnis Coffee Shop Menggunakan Metode Business Model Canvas Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus: Coffee Shop ‘Kopi Dul’)
DOI:
https://doi.org/10.54378/joseon.v1i02.7566Kata Kunci:
Pengembangan Usaha, Business Model Canvas, QSPMAbstrak
Coffee Shop Kopi Dul merupakan Coffee Shop yang telah berdiri sejak tahun 2018. Perkembangan Coffee Shop yang semakin tinggi dari tahun ke tahun mengharuskan Coffee Shop Kopi Dul harus terus berinovasi agar dapat bertahan ditengah persaingan dengan memetakan model usaha serta membuat strategi pengembangan bisnis berdasarkan faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan pengembangan bisnis usaha Coffee Shop Kopi Dul menggunakan metode Business Model Canvas dan QSPM. Proses pengolahan data pada penelitian ini dimulai dengan membuat Business Model Canvas, input stage yaitu matriks IFE dan EFE, matching stage yaitu matriks IE, SPACE, dan SWOT, tahap decision stage menggunakan metode QSPM, terakhir Business Model Canvas baru yang telah ditambahkan alternatif strategi yang
didapatkan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa Coffee Shop Kopi Dul berada pada posisi hold and maintain
berdasarkan hasil matriks IE, berada pada kuadran aggressive berdasarkan hasil matriks SPACE, mendapatkan 8 formulasi alternatif strategi berdasarkan matriks SWOT. Pada Decision stage alternatif strategi prioritas adalah “Melakukan observasi kompetitor secara rutin” dengan nilai STA 6.371. Selanjutnya dibuat Business Model Canvas usulan dengan menambahkan formulasi alternatif strategi pada matching stage.
Referensi
Atikah, N., & Moeliono, N. N. K. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal Mebis, 6(1).
Baskara, P. R., Praptono, B., & Sagita, B. H. (2023). Perancangan Bauran Pemasaran Usaha Balief Coffee Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). eProceedings of Engineering, 10(3).
Damariyanti, K. L., Hartiati, A., & Yoga, I. W. G. S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi “Kandera Coffee” Denpasar Bali menggunakan Metode Swot dan QSPM. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 9(2), 228.
Fitriani, F., Kurniawan, A., & Walimah, S. (2021). STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI “COFEE ET BIEN” KOTA METRO-LAMPUNG. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(1), 21-28.
Ghati, L., Shelawati, D., Berama, B., & Sanjaya, V. F. (2020). IFE EFE DAN GRAND STRATEGY INDSUTRI KULINER. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 183-192.
Haidar, F. J., & Wiyono, S. N. (2023). STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Serumah Kopi, Cikutra Barat, Kota BanDUNG). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 1491-1502.
Halomoan, C. W. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI (Studi Kasus di Din’s Coffe Roastery Pulo Gebang) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Harinie, L. T., Aprilita, A., Widastuti, A. T., Anggae, E. M. R. A., Rosyadi, I., Angelita, I., ... & Dahlia, P. (2023). Strategi Coffee Shop di Palangka Raya dalam Meningkatkan Penjualan di Era Digital. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5).
Karami, I. R., Sagita, B. H., & Praptono, B. (2021). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Kedai Kopi Balada Menggunakan Swot Dengan Metoda Quantitative Strategic Planning Matrix (qspm). eProceedings of Engineering, 8(5).
Kurnia, R. S., Fitria, S. E., & Sutjipto, M. R. (2023). Formulasi Strategi Bersaing Pada D Lima Satu Coffee Menggunakan IFE, EFE, IE, TOWS Dan QSPM. eProceedings of Management, 10(4).
Lestari, A., Pratiwi, A. S., Fauziah, D., Nurmayanti, F., Azizah, L. N., & Rahmadhani, V. (2023). Strategi Pemasaran untuk Peningkatan Penjualan Kopi pada “Rene Ngopi” dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2), 742-752.
Mahardika, D. B., Irnawati, I., Listyawati, A., Mulyawan, M. W. H., Muhammad, A. Z., Hanif, A. F., ... & Adriwansa, A. Z. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Busniess Model Canvas dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Kopitography Coffee & Gallery). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1618-1625.
Mohammad, K. S. (2023). Perencanaan strategi pada perusahaan roti dengan menggunakan metode SWOT dan ANP (Studi kasus pada Ud. Indah Cathering) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Nasution, S. P., Supriana, T., Iskandarini, I., & Wibowo, R. P. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Amerika Serikat.
NIM, A. (2023). STRATEGI PEMASARAN DEPOSITO MUDHARABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KENDARI (Doctoral dissertation, IAIN KENDARI).
Pandiangan, B., Sihombing, B., Turnip, M. M., Matondang, V., & Sitompul, D. P. (2023). PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN KOLEKTIF KOMUNITAS PRODUK KOPI DI KABUPATEN SAMOSIR DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN METODE QSPM. Media Bina Ilmiah, 17(12), 2943-2954.
Ponto, G. D., Pangemanan, S. E., & Kasenda, V. (2022). Strategi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Dalam Penanganan Permukiman Kumuh di Kecamatan Singkil Kota Manado (Studi Kasus di Kelurahan Kombos Timur). GOVERNANCE, 2(1).
Putri, D. A., Ceicillia, S., Rizky, G. A., & Farida, S. N. (2022). Implementasi Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunities, And Threat) Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Pt Adib Global Food Supplies Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(1).
Rambe, I. A. N., Hamdy, M. I., Kusumanto, I., Hartati, M., & Harpito, H. (2023). RANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA COFFEE SHOP MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN USAHA (STUDI KASUS: MEDIAN COFFEE AND EATERY). JURNAL PERANGKAT LUNAK, 5(3), 456-463.
Sabita, D., Djanggu, N. H., & Budiman, R. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Coffee Shop Dengan Metode QSPM (Studi Kasus: Coffee Shop ‘Rasio Coffee’). Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 5(1).
Sepriyadi, M. I., Wardani, A., Syahfitri, M., Alfayyadh, M., & Resmaliana, R. (2023). Analisis Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Cimol Aa di Kota Tanjungpinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2270-2281.
SIBURIAN, E. S. (2022). STRATEGI PEMERINTAH KECAMATAN GIRSANG SIPANGAN BOLON DALAM PEMELIHARAAN FASILITAS OBJEK WISATA KOTA PARAPAT SEBAGAI DESTINASI WISATA SUPER PRIORITAS.
Viana, S. O., Febriansyah, B., & Alfian, F. Y. (2023, August). Analisis Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Daya Saing Pada Coffee Shop di Bandar Lampung (Studi Kasus QALU). In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 201-211).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Optimization System and Ergonomy Implementation

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




