ANALISIS DETERMINAN PENDAPATAN PELAKU USAHA E-COMMERCE PADA SELURUH PROVINSI DI INDONESIA

Authors

  • Salma Az-zahwa -
  • Ullya Vidriza Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengkaji faktor yang memberi pengaruh pada  pendapatan pengusaha E-commerce di seluruh provinsi Indonesia. E-commerce telah menjadi komponen vital dalam ekonomi global, serta Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami pertumbuhan signifikan dalam sektor ini. Meski demikian, belum ada pemahaman yang menyeluruh mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan mereka. Metode analisis statistik digunakan dalam penelitian guna mengidentifikasi faktor utama yang memberi pengaruh pada  pendapatan pengusaha E-commerce setiap provinsi. Data yang digunakan berasal dari sumber yang kredibel, meliputi informasi tentang pendapatan, infrastruktur E- commerce, demografi, dan faktor ekonomi lainnya. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk memberi pemahaman lebih mendalam terkait faktor yang memengaruhi pendapatan pengusaha E-commerce di Indonesia dan implikasinya terhadap strategi bisnis dan kebijakan ekonomi di masa depan. Dalam penelitian ini, metode analisis data panel digunakan yang menggabungkan data time series dan data cross section. Model terbaik yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa infrastruktur dan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap pendapatan pengusaha E-commerce.

 

Kata Kunci: Pendapatan Pelaku Usaha E-commerce, Infrastruktur, Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi, Proporsi Keterampilan Teknologi Informasi dan Komputer.

 

This research is conducted to examine the factors influencing the income of E-commerce entrepreneurs across all provinces in Indonesia. E-commerce has become a vital component of the global economy, with Indonesia being one of the countries experiencing significant growth in this sector. However, there is still no comprehensive understanding of the factors affecting their income. A statistical analysis method is employed in this study to identify the main factors influencing the income of E-commerce entrepreneurs in each province. The data used is sourced from credible sources, including information on income, E-commerce infrastructure, demographics, and other economic factors. The main objective of this research is to provide a deeper understanding of the factors influencing the income of E-commerce entrepreneurs in Indonesia and their implications for business strategies and economic policies in the future. In this study, a panel data analysis method is used, combining time series and cross-sectional data. The best model employed is the Fixed Effect Model (FEM). The results of the analysis indicate that infrastructure and Gross Enrollment Ratio in Higher Education have a significant impact both simultaneously and partially on the income of E- commerce entrepreneurs.

 

Keyword: Income of E-commerce Entrepreneurs, Infrastructure, Gross Enrollment Ratio in Higher Education, Proportion of Information Technology and Computer Skill

Downloads

Published

2024-08-31