PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) MONITORING TUMBUH KEMBANG ANAK BERBASIS ANDROID DENGAN METODE CATWOE

PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) MONITORING TUMBUH KEMBANG ANAK BERBASIS ANDROID DENGAN METODE CATWOE

Authors

  • Tri Rahayu UPN veteran jakarta fakultas ilmu komputer
  • Bambang Triwahyono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anita Muliawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • sarika afrizal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Widya Khafa Nofa universitas Gunadarma

Keywords:

Aplikasi Baby Care, Pertumbuhan dan Perkembangan, user interface, Android

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh di bidang komputer dan informasi ,salah satunya membawa pengaruh terhadap komunikasi jarak jauh. kondisi saat ini pastinya sangat dibutuhkan sekali teknologi, dimana semua serba digital sehingga memudahkan orang untuk melakukan aktifitas dan tidak perlu harus datang kesuatu tempat dalam bentuk lokasi tertentu yang membutuhkan jarak dan waktu. Seiring pertumbuhan teknologi tersebut maka banyak juga kebutuhan terkait dengan kemudah dalam segi teknologi salah satunya dibidang kesehatan khususnya pada anak yang sangat rentang terhadap sumber penyakit.  Dari sini kami mengangkat salah satu dari tema kesehatan bagi anak untuk mencegah adanya peningkatan penyakit pada anak. Pada monitoring tumbuh kembang anak terbagi menjadi  dua, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Perlu adanya pantauan dari pertumbuhan dan perkembangan anak di samping itu, masih dirasakan kurangnya kesadaran sebagian anggota masyarakat akan perlunya pengembangan kesejahteraan terhadap anak. Kami merancang user interface  Aplikasi Baby Care dengan metode catwoe, suatu inovasi yang beda dan praktis aplikasi ini dapat dikatakan juga sebagai monitoring untuk si bayi atau anak orangtua. Aplikasi ini memberikan informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan untuk anak untuk kesejahteraan anak di masa pertumbuhannya.

References

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

J. Karay, D. Manongga, and H. Dwi, 2020, “Penerapan Soft System Methodology dalam Ekstraksi Pengetahuan Tentang Akreditasi Universitas XYZ,” JSINBIS:Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 180–187.

Putra, A. B. 2018. Analisis User Interface dan User Experience menggunakan metode GOMS analisis dengan membandingkan 3 web ecommerce. Study Kasus: Bukalapak, Blibli, Shopee. Yogyakarta: STMIK AKAKOM, .

Triastiari, Anandhi. 2017. Perbandingan User Interface Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pesawat Online dengan Design Thinking. S1. Universitas Brawijaya.

Mursyidah, Annisa. 2018. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). S1. Universitas Brawijaya.

Anisya. (2009). Aplikasi Rekruitasi Pegawai IT Telkom. 1, 7–8. https://sisfo.itp.ac.id/bahanajar/BahanAjar/Anisya/CONTOH-LAPORAN TUGAS- BESAR-IMK.pdf

Lubis, H., Nirmala, I. D., & Nugroho, S. E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Antrian Online Pasien RS. Seto Hasbadi menggunakan SMS Gateway Berbasis Android. Jurnal Algoritma. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.79

Published

2024-01-08