ANALISIS IDENTITAS NASIONAL PADA MAHASISWA UNIT KESENIAN SUMATERA UTARA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ANALYSIS OF NATIONAL IDENTITY IN STUDENTS UNIT KESENIAN SUMATERA UTARA BANDUNG INSTITUTE OF TECHNOLOGY)

Authors

  • Kayla Nadda Octamary Institut Teknologi Bandung

Keywords:

identitas, organisasi, ITB, kebudayaan

Abstract

Identitas nasional merupakan hal krusial dalam lingkungan pendidikan, tak terkecuali lingkungan perguruan tinggi. Latar belakang dari penulisan ini adalah melihat kondisi nilai-nilai kebangsaan di kalangan generasi muda dengan derasnya arus globalisasi sekarang ini, sehingga perlu ditinjau bagaimana lingkungan organisasi kemahasiswaan di lingkungan perguruan tinggi bisa mendukung upaya penguatan identitas nasional bangsa Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah agar pembaca mengetahui upaya penguatan identitas nasional di Unit Kebudayaan Sumatera Utara ITB. Metode penelitian adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah pemahaman identitas nasional dan upaya penguatan identitas nasional di organisasi kemahasiswaan oleh Unite Kebudayaan Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unit Kesenian Sumatera Utara sangat mendukung penguatan identitas nasional di Institut Teknologi Bandung. UKSU-ITB mendukung melalui beberapa budaya yang ada di organisasi ini dan mendukung identitas nasional melalui kegiatan-kegiatan yang ada di UKSU-ITB.

References

Medkominfo UKSU-ITB 2017, Profil UKSU-ITB, UKSU-ITB, dilihat 16 Desember 2022, <https://uksu.itb.ac.id/profil-uksu-itb/>

Mulyana, E, Supriyono, Sudrajat, R & Suneki, S 2020, ‘Penguatan identitas nasional pada komunitas “Omah Ngisor” di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang’, Jurnal Ilmiah CIVIS, vol. 10, no. 1, hh. 19-22.

Nauly, M, Irmawati, Purba, R & Fauzia, R 2022, ‘Dinamika identitas etnis dan identitas nasional dalam proses menjadi orang Indonesia: studi pada etnis Batak’, Jurnal Psikologi Ulayat, vol. XX, no. XX, hh. 21.

Nurdiansyah, E, Faisal, E, Sulkipani, Setiawan, S & Alghifari, M 2021, ‘Pengembangan ensiklopedia identitas nasional berbasis kearifan lokal’, Jurnal Civic Hukum, vol. 6, no. 2, hh. 113.

Sulistiani 2021, ‘Urgensi organisasi mahasiswa Gayo perantauan sebagai wahana akulturasi budaya: sebuah tinjauan teori identitas sosial’, Jurnal Kewarganegaraan, vol. 18, no. 2, hh. 47.

Sulisworo, T, Wahyuningsih, D & Baihaqi, A 2012, Hibah pembelajaran non konvensional: identitas nasional, Penerbit Universitas Ahmad Dahlan.

Published

2024-01-08