Perlindungan Hak Asasi Manusia Terhadap Kasus Kekerasan Yang Kerap Terjadi Pada Perempuan

Authors

  • Hanifah Zahra
  • Alya Khairunnisa Adam
  • Anggi Angga Resti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Kekerasan masih sering terjadi, terutama terhadap perempuan. Hal ini menunjukkan betapa hak asasi perempuan masih belum sepenuhnya ditegakkan. Pemberantasan kekhawatiran perempuan adalah topik yang sering diangkat, menjadi sorotan, dan menginspirasi tekad bersama untuk menyelesaikannya. Namun, belum ada perbaikan berarti dalam administrasi peradilan antara laki-laki dan perempuan. Kekerasan berbasis gender, hak politik, dan hak kerja perempuan masih sering disalahgunakan. Jika hal ini tidak ditangani dengan serius, lingkungan yang tidak stabil akan berkembang, output manusia akan menurun, dan akan ada peningkatan yang signifikan dalam kemungkinan tingkat kematian yang tinggi.Artikel ilmiah ini mengkaji tentang perlindungan HAM terhadap kasus yang banyak terjadi pada perempuan, dengan tujuan agar menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan serta pencegahannya agar kasus kekerasan tersebut tidak terus terulang.

Author Biography

Anggi Angga Resti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

 

 

References

Irwanto, K. (2022). Aspek Nilai Keperawanan dalam Hak-Hak Asasi Manusia. Cirebon.

Krisnalita, L. Y. (2018). Perempuan, HAM dan Permasalahannya di Indonesia.

Noer, K. U., Kartika, T., Nurtjahyo, L. I., & Damaiyanti, V. P. (2021). Membongkar Kasus Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi.

Purnomo, J., Damayanti, R., & Prastiwi, J. H. (2020). Kebijakan Sosial dan Permasalahan Sosial Perempuan dan Anak. Malang.

Risdayanti, Surianti, Lestari, F. A., & Gunawan, D. (2021). Menegakkan HAM Melalui Perlindungan Hukum Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Indonesia.

Rosyaadah, R., & Rahayu. (2021). Perlindungan Hak Asasi Manusia Perempuan Terhadap Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Internasional.

Sigilipu, F. F. (2018). Mekanisme Perlindungan Hukum terhadap Kekerasan Perempuan Perspektif Hak Asasi Manusia.

Suryawirawan, D. P. (2022). Bunga Rampai Isu Isu Krusial tentang Kekerasan Seksual. Klaten.

Uswatina, E. D., Madja, N. M., Zahrotun, N., Putra, Y. A., Ilham, N. A., Ningrum, M. S., Habibah, N. A. (2021). Power Perempuan Dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Pekalongan.

Wibowo, D. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga Menurut Hak Asasi Manusia Selama Proses Penyidikan

Published

2023-05-02

Issue

Section

Artikel