BAHAYA SERTA UPAYA PENANGGULANGAN NARKOBA PADA GENERASI MUDA SAAT INI

Authors

  • Florentine Rachel Zipora
  • Chiquita Putri Riyadini
  • Rio Wirawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Narkotika merupakan suatu zat yang bersumber dari tanaman atau bukan tanaman, sintesis atau semi sintesis, yang akan memberikan efek samping berupa penurunan kesadaran, hilang rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat memberikan efek ketergantungan. Bentuk dari narkotika sendiri seperti ganja, kokain, morfin, petidin, dan lain-lain. Sedangkan, psikotropika merupakan suatu zat yang bukan narkotika, baik alamiah atau sintesis, yang mempunyai khasiat psikoaktif melewati pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang akibatnya terjadi perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku. Namun, generasi muda sering kali melakukan penyalahgunaan narkoba yang tentunya membahayakan diri mereka sendiri dan bangsa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam rangka upaya dan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dalam penulisannya. Pencarian artikel literatur yang relevan dengan penelitian ini diperoleh melalui situs online pencarian publikasi ilmiah seperti, Google Scholar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan berbagai macam bahaya yang buruk terkait dengan kesehatan baik fisik maupun jasmani, hingga dapat menimbulkan kerusakan masa depan bagi generasi muda. Berbagai upaya telah dilakukan terkait hal tersebut antaralain dengan mengadakan sosialisasi kepada generasi muda yang dilakukan di lingkungan pendidikan dan masyarakat.

Author Biography

Rio Wirawan, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

 

 

References

Aeni, N. (2021). ASUHAN INTEGRATIF PADA PENYALAHGUNA NARKOBA-Buku yang membantu Anda menjadi pendidik dan menjadi perawat penyalahguna narkoba. Isam Cahaya Publisher.

Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

BNN. Narkoba dan Permasalahannya. (Jakarta Timur: Direktorat ADVOKASI, 2017)

Damanik, R. M. (2020, May 20). Makalah Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda. https://doi.org/10.31219/osf.io/amgwx

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan dan Pemberantasan peredaran narkoba di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum, 1(1).

Hayati, F. (2019). Penyuluhan tentang bahaya narkoba pada remaja. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(3), 190-193.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Lusiana, E. (2020). Upaya Mewujudkan Generasi Muda Bebas Narkoba melalui Sosialisasi dan Skrining Narkoba di SMP N 9 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2), 1022-1027.

Majid, A. (2020). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Alprin.

Nurmalisa, Y. (2017). Pendidikan generasi muda.

Saputra, A. J., Wibowo, P. H., Saputra, T., Immanuel, Y., Immanuel, G., Hermawan, R., & Wahyudi, M. A. (2022, September). Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 384-391).

Silalahi, D. H. (2020). Penanggulangan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika. Penerbit EnamMedia.

Siregar, R. A. (2019). Ancaman Narkoba Bagi Generasi Muda dan Upaya Pencegahan Serta Penanggulangannya. Jurnal Comunita Servizio, 1(2), 143-153.

Published

2023-05-02

Issue

Section

Artikel