BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN PEREDARANNYA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Yolanda Shafitri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aliaputri Dharmayanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Bahaya, Peredaran narkoba, era digital

Abstract

Penyalahgunaan narkoba masih menjadi masalah yang kerap kali kita dengar dan kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Padahal narkoba memiliki dampak negatif yang sangat nyata. Masalah ini memakan banyak korban dan masih belum bisa teratasi dengan baik. Untuk itu, kami menyusun artikel ini sebagai tujuan untuk menyebarkan informasi kepada pembaca mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan bagaimana peredarannya di era digital. Artikel ini ditulis dengan menggunakan studi literatur sebagai metode penulisan, dengan meninjau 5 artikel ilmiah dengan rentang tahun 2017-2022. Berdasarkan 5 studi literatur yang sudah diperoleh dan diteliti, ditemukan bahwa penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya untuk kesehatan kita, baik fisik maupun mental. Selain itu, di era digital ini peredaran dan penyalahgunaan narkoba semakin marak karena perkembangan teknologi, kemudahan dalam berkomunikasi, serta bertransaksi online. Sehingga, pihak berwajib kesulitan dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba

References

Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Astriska, B. F, (2021). Tinjauan Kriminologis Terhadap Kasus Peredaran Narkoba Oleh Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. JUSTITIA Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 8(4), 549–556.

Hariyanto, B. P. (2018). Pencegahan Dan Pemberantasan Peredaran Narkoba Di Indonesia. Jurnal Daulat Hukum, 1(1), 201-210.

Hatta,M. (2022). Penegakan Hukum Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.

Majid, A. (2019). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Jawa Tengah: ALPRIN.

Mintawati, H., & Budiman, D. (2021). Bahaya Narkoba Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 1(2), 27-33.

M. R. Husain, N. Nurwan, and R. Resmawan. (2020). Analisis Kestabilan Model Penyebaran Pengguna Narkoba Dengan Faktor Edukasi. BAREKENG Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(1), 069–078.

Sasmita, F. (2018). Narkoba, Naza, dan Napza. Yogyakarta: Sentra Edukasi Media.

S. Wawan. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1-9.

S. Warso. (2017). Narkoba. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Published

2024-01-08