UPAYA PENEGAKKAN HAM UNTUK KAUM PEREMPUAN DI INDONESIA

Authors

  • Morita Ramby Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rizka Rahma Andhina Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yuliana yuli wahyuningsih Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

Keywords:

Hak Asasi Manusia, Perempuan

Abstract

Penegakkan hak - hak asasi pada perempuan masih belum terlindungi dengan baik. Dapat dibuktikan dengan banyaknya kekerasan yang terjadi pada perempuan. Kebebasan perempuan juga terbatasi dengan berlakunya ketidaksetaraan gender yang ada juga diskriminasi terhadap perempuan masih menjadi pusat perhatian masyarakat. Akan tetapi perlindungan perempuan dalam usaha pencapaian kesetaraan sosial bagi perempuan masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna upaya penegakkan hak - hak asasi yang harus didapatkan kaum wanita dan perlindungan terhadap kekerasan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dalam penulisannya. Pencarian artikel literatur diperoleh melalui situs online pencarian publikasi ilmiah yakni Google Scholar. Data yang didapatkan berupa artikel jurnal dan buku yang relevan terhadap topik ini. Hasil yang diperoleh kesetaraan gender dan hak - hak yang diterima perempuan tergolong lemah sehingga berakibat cukup fatal dan dapat merusak mental individu korban yang mengalaminya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperjuangkan terkait hal tersebut seperti memperjuangkan hukum atau undang - undang yang berlaku dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Author Biography

Yuliana yuli wahyuningsih, Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta

 

 

References

Afifah, W. (2017). Hukum dan Konstitusi: Perlindungan Hukum Atas Diskrimiasi Pada Hak Asasi Perempuan DI Dalam Konstitusi.

El-Muhtaj, M. (2017). Hak Asasi Manusia dalam Konstitusi Indonesia. Jakarta: KENCANA.

Flambonita. S. (2017). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Pekerja Perempuan di Bidang Ketenagakerjaan.

Kennedy, R. (2019). "Ibu Pengganti" : Hak Perempuan Atas Tubuhnya. SCU Knowlwdge Media.

Krisnalita, L. Y. (2018). Perempuan, HAM dan Permasalahannya di Indonesia.

Nawawi, A. (2017). Komnas HAM: Suatu Upaya Penegakan HAM DI Indonesia.

Palulung, L., Kordi, K. M. G. H., Ramli, M. T.,. (2020). Perempuan, Masyarakat Patriarki & Kesetaraan Gender. Makasar: Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI).

Rahayu, R. (2021). Perlindungan Hak Asasi Manusia Perempuan trhadap Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga di Indonesia dalam Perspektif Hukum Internasional.

Renggong, S.h., M.H. & Ruslan, S.H., M.Kn. (2021). Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Hukum Nasional. Jakarta: KENCANA.

Suparyanto, Y. (2018). Deklarasi HAM di Indonesia. Jakarta: Cempaka Putih PT.

Published

2023-05-02

Issue

Section

Artikel