LINGUISTIC LANDSCAPE: AN AUTHENTIC MATERIAL TO TEACH ENGLISH TO HIGH SCHOOL STUDENTS

Authors

  • Anna Marietta da Silva Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.53834/mdn.v4i2.508

Abstract

Abstrak Lansekap linguistic (LL) telah digunakan sebagai bahan pembelajaran dan pemelajaran Bahasa Inggris  di beberapa kota seperti Calgary-Canada, Oaxaca-Mexico, Seoul-Korea, dan Taipei-Taiwan. Hal tersebut dikarenakan fungsi informatif dan simbolik dari LL. Dari LL sebuah area dapat dipelajari penggunaan Bahasa Inggris secara deskriptif dan preskriptif. Selain itu, dari LL dapat ‘dibaca’ hubungan antara kekuasaan dan bahasa dan isu-isu menarik lainnya. Sejauh pengetahuan penulis, LL belum lazim digunakan di dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Karena itu, penulis berinisiatif menjadikan LL dalam perspektif pembelajaran Bahasa Inggris sebagai tema kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) bagi guru-guru Bahasa Inggris tingkat SMP, SMU dan SMK di Provinsi Banten yang diadakan pada 25 Juli 2018 di Universitas Sultan Maulana Hasanuddin, Serang, Banten. Pada kegiatan PkM tersebut penulis mendeskripsikan cara penggunaan LL sebagai materi otentik untuk pembelajaran Bahasa Inggris seperti yang telah dilakukan oleh para guru, peneliti dan ahli bahasa di beberapa negara di atas. Penulis juga mengungkapkan pengalamannya sendiri menggunakan LL sebagai bahan pemelajaran bahasa Inggris. Hampir semua peserta baru mengetahui terminologi LL dan tertarik untuk menggunakan LL sebagai bagian dari bahan pembelajaran bahasa Inggris.

 

Downloads

Published

2019-02-26

Issue

Section

Articles