Pemberdayaan Digital Marketing bagi Kelompok Usaha Wanita Fatayat Jawa Timur

Prawita Yani, Muktar Redy Susila, Wawan Cahyo Nugroho, Hermono Widiarto, Fastha Aulia Pradhani

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di Kelompok Usaha Fatayat Jawa Timur dengan target pelaku usaha UMKM wanita di area Jawa Timur. Pelaku usaha tersebut meliputi sebanyak 34 pelaku usaha UMKM yang sebagian besar dari usaha makanan, minuman, usaha pakaian dan lain-lain. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tujuan memberikan pendalaman materi kepada pelaku UMKM mengenai konten di media sosial, di platform marketplace, tindak lanjut mengenai marketing insight dari masing-masing media sosial maupun platform marketplace untuk menunjang kegiatan usaha sehingga dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan pemasaran melalui digital marketing. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa strategi digital marketing berpengaruh hingga 78% terhadap keunggulan kompetitif UMKM.  Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap identifikasi masalah secara luring, tahap pelatihan secara online melalui zoom meeting, tahap pendampingan online melalui whatsapp group dan tahap monitoring dan evaluasi online. Dalam melakukan pengabdian, pemberian materi mendapat antusias yang menggembirakan dengan banyaknya kontribusi peserta dalam sesi tanya jawab. Hal ini ditindaklanjuti dengan responsifnya peserta dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendamping. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, beberapa UMKM dibimbing untuk pada akhirnya berhasil membuat akun media sosial dan juga membuat profile bio yang menarik. Selain itu, dalam pendampingan juga berlangsung diskusi untuk menindaklanjuti digital insight yang sudah didapatkan dari masing- masing akun media sosialnya.

Full Text:

PDF

References


https://doi.org/10.37802/society.v1i2.125

https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223

https://www.proquest.com/docview/1645849603?pqorigsite=gscholar&fromopenview=true

https://www.researchgate.net/profile/AdityaWardhana/publication/327069950_STRATEGI_DIGITAL_MARKETING_DAN_IMPLIKASINYA_PADA_KEUNGGULAN_BERSAING_UKM_DI_INDONESIA/links/5b768dd8299bf14c6daa3920/STRATEGI-DIGITAL-MARKETING-DAN-IMPLIKASINYA-PADA-KEUNGGULAN-BERSAING-UKM-DI-INDONESIA.pdf

https://yoast.com/facebook-page-insights/

https://help.instagram.com/1533933820244654

https://www.megalytic.com/blog/understanding-facebook-page-insights-likes-reach-and-page-views

https://id-id.facebook.com/business/help/633309530105735

https://seller.shopee.co.id/edu/article/369




DOI: http://dx.doi.org/10.53834/mdn.v8i1.4314

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lantai 4, Gedung Sudirman, Kampus UPN Veteran Jakarta 

Jl. RS Fatmawati No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan

Phone: 021-7656904 ; Fax: 021-7692860

Email : jurnalmadani@upnvj.ac.id

View Madani UPNVJ Stats