Business Model Canvas dan Unified Modelling Language untuk Desain E-Commerce Toko Bintangsprei11

Penulis

  • Achmat Jodi Saputra Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v18i3.5062

Kata Kunci:

e-commerce, bedcover, UML, wordpress, BMC

Abstrak

Bintangsprei11 merupakan toko online yang terbentuk sejak tahun 2019 dengan menjual produk berupa perlengkapan alat tidur yang 99% terbuat dari bahan katun cvc yaitu sprei dan bedcover. Sprei dan bedcover ini di produksi homemade. Adapun permasalahan yang dihadapi pada Bintangsprei11 yaitu Toko Bintangsprei11 berjualan di marketplace Shopee yang setiap transaksinya akan dikenakan biaya pajak sebesar 2,5% dari setiap penjualan produk,Toko Bintangsprei11 ini dalam sebulan bisa membayar pajak kurang lebih 600 ribu perbulan. Rating pada toko Bintangsprei11 sebesar 4.9 dan Review dari pelanggan sebesar 400 penilaian. Pada marketplace yang digunakan yaitu Shopee Toko Bintangsprei11 memiliki banyak saingan yang menjual produk serupa. Berdasarkan masalah yang ada, dibutuhkan sebuah website e-commerce untuk membantu Toko Bintangsprei11 berjualan tanpa harus membayar biaya admin serta menambah pelanggan baru. Dalam perancangan website e-commerce ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisis model pengembangan bisnis, Unified Modeling Langugae (UML) untuk analisa dan perancangan sistem. Dalam pembuatan website Bintangsprei11 ini menggunakan aplikasi web open source Wordpress berbasis Content Management System (CMS) dengan plugin WooCommerce. Website e-commerce yang diletakan pada domain dan hosting dapat membantu admin berjualan tanpa harus membayar biaya admin sehingga meminamlisir pengeluaran, menambah pasar untuk berjualan selain di marketplace sehingga mendapatkan pelanggan selain di marketplace.

Referensi

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, hal. 182–189, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.

Rintho Rante Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi - Rintho Rante Rerung–Google Buku, 2018. tersedia: https://books.google.co.id/books?id=reFUDwAAQBAJ&pg=PA18&dq=konsep+dasar+e-commerce&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj1k4iAh8XeAhUDeCsKHbhJAIQQ6AEIMjAB#v=onepage&q=konsep dasar e-commerce&f=false.

H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas ( BMC ) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” EKOMAKS :Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis, vol. 9, no. 79, hal. 52–65, 2020, [Online]. Available: http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks.

M. N. Winnarto, I. Yulianti, and A. Rahmawati, “Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-Commerce Batik Tulis HR Ambar,” Swabumi, vol. 9, no. 1, hal. 1–8, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.9813.

R. Destriana, “Diagram UML dalam Membuat Aplikasi Android Firebase ‘Studi Kasus Bank Sampah,’” Deepublish, 2021.

I. Athia, E. Saraswati, and A. Normaladewi, “Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang,” Jurnal Ketahanan Pangan, vol. 2, no. 1, hal. 66–75, 2018, [Online]. Available: https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/.

E. Oley, E. S. R. Sentinuwo, A. A. E. Sinsuw, and U. S. Ratulangi, “Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran),” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, no. 4, hal. 89–100, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/23230/22931.

Yurindra, Software Engineering. Deepublish, 2017.

J. S. Kurnia and F. Risyda, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, vol. 8, no. 2, hal. 223–230, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-28

Terbitan

Bagian

Article